AMBON, Siwalimanews – Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Agoes Soenanto Prasetyo, didampingi Ketua IAD Wilayah Maluku Ny. Debie Agoes, melaksanakan Kunjungan Kerja di Kejaksaan Negeri Buru, Selasa (2/7).

Dalam kunker di Kejaksaan Negeri Buru Kajati dan rombongan juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku Ardy dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (3/7) menjelaskan, kedatangan kajati disambut oleh Kajari Buru Hasan Pakaya, Kapolres Buru AKBP Sulastri Sukijang, Kapolres Buru Selatan AKBP M. Agung Gumilar, Dandim 1506/Namlea Letkol Arh. Agus Nur Fujianto, Pj. Ketua PKK Kabupaten Buru, Staf Ahli ESDM Buru Mansur Mamulati dan pimpinan OPD Kabupaten Buru dan Bursel serta seluruh Kasi, Kasubagbin dan Pegawai pada Kejari Buru Bandara Namniwel.

Kajari Buru dalam sambutan menjelaskan kunker Kajati Maluku ke Namlea  kegiatan  secara internal untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Kejari Buru. Selain itu akan melakukan peninjauan terhadap beberapa proyek Pembangunan yang bersifat strategis dan berskala nasional.

Lanjutnya, Kajati Maluku juga dalam akan menyerahkan bantuan sarana penunjang untuk kelompok nelayan, kelompok tani dan masyarakat desa.

Baca Juga: Perkuat Sinergitas, PT- Pemprov Maluku Teken Kesepakatan Bersama

“Kunjungan pa Kajati kami apresiasi dan ini juga merupakan aktualisasi output dari hasil kegiatan pendampingan hukum yang dilaksanakan oleh Bidang Datun Kejari Buru dengan dasar MoU antara pihak Kejaksaan Negeri Buru dengan Pemerintah Daerah Buru,” jelas Kajari.

Diakui pendampingan hukum yang dilakukan di Kabupaten Buru Selatan, dengan dasar MoU dengan Pemda Bursel telah berhasil melakukan pendampingan hukum terhadap beberapa pembangunan yang salah satunya adalah pendampingan hukum terhadap pembangunan sarana transportasi laut berapa Kapal Roro yang saat ini sudah mulai beroperasi.

Sementara itu, Kajati Maluku dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunker yang dilakukan guna mengevaluasi kinerjanya Kejari Buru.

“Bukan hanya kunjungan untuk melihat sejauh mana kinerjanya Kejari dan bawahnya, tetapi kita juga akan melaksanakan kegiatan internal, juga melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam upaya membantu masyarakat berupa bantuan prasarana perikanan dan sertifikat Kkecakapan nelayan,” ungkap Kajati.

Ia merincikan bantuan juga diberikan kepada masyarakat berupa perahu nelayan, bibit ikan Nila, pupuk, jaring nelayan dan box Ikan  kepada penerima bantuan dari kelompok tani, kelompok nelayan dan masyarakat desa.

“Kami berharap dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Buru, dapat terus bersinergi sehingga terjalin harmonisasi dalam kerja,“ kata Kajati.

Mengakhiri sambutannya, ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kajari Buru beserta jajarannya atas pencapaian kinerja dan suksesnya pendampingan hukum terhadap Pemda Buru dan Bursel serta ucapan terima kasih kepada dua pemda tersebut.

“Dengan segala kegiatan yang dilakukan hari ini sembari mengapresiasi kinerjanya Kajari dan bawahnya. Terima kasih atas kerja kerasnya sehingga terselenggaranya kegiatan ini,” tandasnya.

Untuk diketahui hadir juga Asisten Intelijen Kejati Maluku Rajendra D. Wiritanaya dan Kabag TU Adrianus Notanubun, Ny. Dyah Triono, Kasi D Bidang Intelijen Ruslan Marasabessy, Kasi C Bidang Intelijen Aizit P. Latuconsina dan Kasi E Bidang Intelijen Hasan M. Tahir.(S-26)