PENJABAT Walikota Ambon, Dominggus Kaya mengingatkan kepada seluruh OPD dilingkup Pemerintah Kota Ambon untuk terus membenahi pengelolaan keuangan demi kemajuan Kota.

Hal ini disampaikan Kaya, saat menjadi Inspektur upacara per­ingatan Hari Kesadaran Nasional, di Halaman Parkir Belakang Balai Kota Ambon, Rabu (17/7).

Menurut Kaya, memasuki semester II Tahun anggaran 2024, terutama dalam penyelenggaraan pem­bangunan, maka sudah tentu dalam pelaksanaannya maka harus dimaksimalkan dengan APBD yang ada, sehingga dalam pelak­sanaannya, berbagai kegiatan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik, karena didasari dengan pengelolaan keuangan daerah yang tertata dengan rapih.

“Saat ini telah memasuki semester kedua dalam penyelenggaran APBD, sebab itu seluruh per­tanggungjawaban harus disiapkan dengan baik oleh Pimpinan OPD, KPA, PPK, dan bendahara. Ada yang masih kurang tolong dilengkapi, sehingga semua penyelenggaraan keuangan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, “ujar Kaya dalam amanatnya.

Menurut Kaya, pembenahan keuangan di Pemkot Ambon perlu diperhatikan sebab hal ini didasari dengan adanya pemeriksaan BPK yang secara tiga kali berturut-turut dinyatakan disclaimer, sehingga perbaikan pengelolaan keuangan daerah dirasa sangat penting.

Baca Juga: Buka Konsultasi Publik KLHS, Kaya Tekankan Soal TPA

“Kota Ambon yang dulunya langganan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tapi justru kini disclaimer jadi dominasi. Untuk itu kita perlu fokus melihat hal ini sehingga kedepannya pemkot bisa keluar dari disclaimer itu, “ pintanya.

Ia mengaku, selama ini penge­lolaan keuangan sudah baik dari sistemnya. Akan tetapi, tinggal bagaimana pelaksanaannya atau pelaku-pelaku penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah dapat menjalankannya sesuai ketentuan sehingga hal itu bisa terlaksana sebagaimana mestinya.

“Yang terpenting adalah bagai­mana kita upayakan pengelolaannya agar keluar dari disclaimer apakah itu opini Wajar Dengan Penge­cualian (WDP) atau tanpa penge­cualian. Jadi mari kita sama-sama menjalankan tugas sesuai amanat yang diemban­kan bagi kita,” katanya. (S-29)