AMBON, Siwalimanews – Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus mengharapkan, jasa perjuangan para panghalwan bangsa yang telah gugur membela dan mempertahankan kemer­de­kaan Negara Kesa­tuan Republik Indonesia, dapat men­jadi inspirasi gene­rasi penerus.

“Harapannya, da­pat menginspirasi generasi penerus, sehingga sema­ngat persatuan dan perjuangan para pahlawan akan se­lalu terpatri di dada setiap warga Indonesia, khusus­nya masyarakat Maluku dan Maluku Utara. Kita sebagai pene­rus memiliki tugas melanjutkan perjuangan para pendahulu, me­lalui pengabdian demi keutuhan NKRI,” ungkap Kasdam dalam sambutan pada saat melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan.

Khusus di Kota Ambon, ziarah terpusat di TMP Kapahaha Tantui, Kota Ambon, Kamis (3/10).

Kasdam mengatakan, kegiatan ziarah yang dilakukan ini dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-79, dengan tujuan untuk me­ngenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa, yang telah gugur membela dan memperta­hankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk diketahui, bertindak seba­gai pimpinan ziara Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Suwandi, dihadiri pejabat Forkopimda Maluku, Kasdam XV/Pattimura Brig­jen TNI Nefra Firdaus, para pejabat utama Kodam, pejabat Lantamal IX/Ambon, pejabat Lanud Patti­mura serta pejabat Polda Maluku.

Baca Juga: Lebih Diminati Masyarakat, Maxim Punya Izin Operasi

Kegiatan ziarah, di awali dengan upacara penghormatan pada arwah para pahlawan, peletakkan karangan bunga di tugu monumen TMP oleh pimpinan ziarah, kemu­dian dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah upacara, dilan­jutkan dengan acara tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah. (S-10)