AMBON, Siwalimanews – Guna menghadapi pilkada serentak tahun ini, maka Polda Maluku mulai memetakan potensi kerawanan.

Hal itu disampaikan Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro Tambunan saat memimpin rapat analisa dan evaluasi menjelang pengamanan pilkada di ruang video conference Mapilda Maluku, Kamis (15/8).

Kapolda diawal rapat itu, terlebih dahulu mengecek kesiapan personel pengamanan pilkada di setiap Polres jajaran.

Kepada Direktur Intelkam Polda Maluku, Kapolda minta untuk memaparkan situasi terkini mengenai kamtibmas dan politik di wilayah Maluku jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI dan pilkada.

Selain Direktur Intelkam, Kapolda juga minta Karo Ops memaparkan mengenai tingkat gangguan kamtibmas dan jumlah kasus yang ditangani Polda Maluku dan polres jajaran.

Baca Juga: Golkar Maluku Ngotot Minta DPP Rekomendasikan RU

“Seluruh kapolres jajaran harus buat peta kerawanan di wilayahnya masing-masing sesuai persentase yang ada,” ujar kapolda.

Kapolda juga mengingatkan para kapolres untuk lebih meningkatkan kegiatan kepolisian di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut penting dilakukan untuk pemeliharaan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Seluruh kapolres saya minta agar tetap berbuat baik, bekerja dengan baik dan tidak sebaliknya menjadi pemicu permasalahan di tengah-tengah masyarakat,” pinta kapodfa.

Senada dengan kapolda, wakapolda juga meminta seluruh jajaran dapat melakukan cooling system di wilayah masing-masing agar setiap permasalahan yang terjadi segera dituntaskan, untuk itu, diharapkan saat menghadapi pilkada situasi kamtibmas mudah untuk dikendalikan.

“Segera update situasi di wilayahnya masing-masing terkhusus pada kegiatan para paslon, sehingga semua dapat termonitor dengan baik,” pinta wakapolda.(S-10)