AMBON, Siwalimanews – PDIP Maluku belum mengambil sikap terkait dengan salah satu kadernya yakni, Baharudin Faraworan direkomendasikan sebagai calon Wakil Walikota Tual dari PKB mendampingi Usman Tamnge.

Ketua PDIP Maluku Benhur Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (21/6) mengaku, pihaknya telah mendapat informasi terkait keputusan DPP PKB yang merekomendasikan Usman Tamnge berpasangan dengan politisi PDIP, Baharudin Farawowan di Pilkada Tual.

Menurutnya, rekomendasi tersebut, merupakan hak DPP PKB sebagai partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Tual. Namun, PDIP Maluku belum mengeluarkan sikap resmi terhadap rekomendasi tersebut, sebab tahapan penjaringan masih terus berjalan.

“Sikap PKB itu kita hargai, tapi soal apakah kita setuju atau tidak, PDIP Maluku belum bersikap,” tegas Watubun.

Watubun menegaskan, saat ini tahapan penjaringan calon kepala daerah, termasuk Kota Tual telah memasuki tahap persiapan survei dan PDIP Maluku telah menyurati semua bakap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk mengikuti proses survei tersebut.

Baca Juga: KPU Lakukan Pencermatan Ulang 19 TPS di Amahai

Diakui Watubun, semua parpol memiliki kursi yang sama di DPRD Kota Tual, yakni dua kursi dan itu harus melakukan koalisi untuk mengusung calon Walikota dan Wakil Walikota Tual.

“Kita tetap jalan dengan yang sudah ada, nanti kita lihat hasil surveinya seperti apa, sebab survei adalah alat ukur ilmiah akademik dan bisa menentukan kecendrungan dukungan itu,” jelas Watubun.(S-20)