BULA, Siwalimanews – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Seram Bagian Timur menurun jumlahnya di tahun 2024 jika dibandingkan tahun 2023.

“Tahun 2023 kita mengirim 111 orang CJH ke tanah suci sekarang menjadi 90 orang,” ujar Kepala Kepala Kantor Agama SBT M. Jen Tepinalan kepada Siwalimanews di ruang kerja, Rabu, (22/5).

CJH sesuai rencana katanya, akan dilepas oleh bupati Abdul Mukti Keliobas pada Selasa, 28 Mei dan rombongan berangkat ke Ambon bergabung dengan kontingen dari kabupaten kota lainnya pada 31 Mei.

Kemudian pada 1 Juni, CJH masuk di asrama haji Waiheru dan tanggal 2 Juni, sesuai jadwal jemaah diberangkatkan menuju Jeddah Arab Saudi.

Ditanya pengurangan jumlah CJH di tahun ini ia mengaku karena ada jemaah yang mutasi ke kabupaten lain

Baca Juga: Massa Jabatan akan Berakhir 24 Mei, Ini Pesan Wattimena

“Kuota CJH kita 93 orang. satu mutasi ke kabupaten Maluku Tengah, sedangkan dua orang (suami istri)  ke Bandung sehingga jumlahnya tinggal 90 CJH,” katanya.

Dari jumlah itu untuk lansia itu sebanyak tujuh orang, termuda itu usia 30 tahun dan yang paling tertua 94 tahun.

“Insya Allah kita doakan semua, calon CJH  untuk nantinya dilepaskan oleh Pak bupati berangkatkan sampai ke arab Saudi melaksanakan semua rukun-rukun wajib haji, rukun umrah, wajib haji, wajib umrah, sunah-sunahnya. Mudah mudahan akhlak mereka juga bisa tunjukkan di sana, dan sehat selalu sehingga selamat sampai kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan bisa membawah haji yang mabrur,” harapannya.(S-27)