AMBON, Siwalimanews – Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesian Office membuka peluang kerjasama dengan Polda Maluku.

JICA merupakan sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Di Indonesia sendiri, lembaga ini berada di bawah kekuasan Departemen Luar Negeri.

Dalam kunjungan kerja ke Maluku, perwakilan JICA Mr. Kashima Kohei, selalu Project Formulation Advisor dan Kombes Pol (Purn) Ermiady Yadi selaku Security Advisory, JICA Indonesian Office menemui Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro Tambunan.

Kunjungan silaturahmi dengan Kapolda itu berlangsung di ruang tamu Markas Polda Maluku, Selasa (3/9).

Dalam pertemuan itu,  kedua pihak membicarakan mengenai potensi kerjasama hingga tantangan operasional ke depan di wilayah Maluku.

Baca Juga: Aksi Bunuh Diri Wanita Ini Digagalkan Anggota TNI

Kapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan saat menerima kedatangan perwakilan JICA Indonesian Office memberikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan mereka di Markas Polda Maluku.

Dirinya mengatakan polda sangat menyambut setiap bentuk kerjasama yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat Maluku. “Polda Maluku selalu terbuka dan menyambut baik segala bentuk kerjasama, terutama yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Maluku,” kata Kapolda.

Selain mempererat hubungan bilateral, pertemuan yang dilaku­kan juga membahas berbagai as­pek terkait situasi dan kondisi geografis serta karakteristik wila­yah Maluku yang menjadi tan­ngan bagi pelak­sanaan tugas kepolisian.

Diskusi yang dilaksanakan diha­rapkan dapat menjadi landasan bagi kerjasama strategis yang le­bih kuat antara Polda Maluku dan JICA dalam berbagai bidang. (S-10)