BULA, Siwalimanews – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dikducapil) Kabupaten Seram Bagian Timur sosialisasi dan menjemput bola untuk melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula untuk menjelang Pemilihan Kepala Daerah 27 November nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Seram Bagian Timur Sofyan Waraiya ketika dikonfirmasi Siwalima,  melalui telepon selulernya, Rabu (17/9).

Dikatakan, untuk wajib KTP berdasarkan data konsolidasi bersih 94. 454 untuk semester 1 tahun 2024 yang sudah perekaman 73.754 dan yang belum 20.700

Menurutnya, sebagian sudah sebagian lagi dalam proses sampai di tanggal 27 November nanti.

“Dua bulan kemarin kita langsung sosialisasi dan jemput bola di SMA Bula bersama dengan dari Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil Propinsi Maluku melibatkan siswa- siswi SMA/SMK dan beberapa sekolah di dalam Kota Bula,” ujarnya.

Baca Juga: Dewan Minta Pemprov Segera Bayar TPP ASN

Ditanya jemput bola perekaman e-KTP di fokuskan di Kota Bula saja atau semua desa,  Sofyan mengatakan, ini terkait penganggaran. Jadi kita fokuskan dalam Kota Bula, dan Bula Barat.

“Jadi Insa Allah kalau di SBT ini ada alokasi anggaran kita turun di kecamatan yang memang ada potensi KTP untuk pemilih pemula itu terbanyak kita datangi jemput bola di titik- titik yang memang katong atau kita prediksi banyak Pemilih Pemula yang ada disitu,” ujarnya.

Dikatakan, kaitan dengan pemilih pemula ini untuk sementara kan katong atau kita sudah menghimbau untuk melakukan perekaman e-KTP.

“Jadi bagi anak- anak SMA/ SMK yang memang merasa punya waktunya mencukupi 17 tahun itu sudah harus membuat KTP  misalnya hari ini dan besok mereka sudah buat sekarang sampai 27 November nanti, sehingga mendorong atau mereka punya hak pilih itu bisa dilaksanakan,” pintanya.

Menurutnya, untuk saat ini pemilih pemula belum memiliki KTP elektrik apakah sudah ada komunikasi dengan pihak KPU Ia menuturkan, kemarin memang sekali rapat kami dari operator Dikducapil sudah membicarakan dengan tim teknis data KPU.

“Kita sosialisasi dan perekaman KTP itu di beberapa sekolah dalam Kota Bula berdasarkan yang sudah memenuhi syarat diatas 17 tahun kita perekaman langsung ditempat. Kalau nanti masuk bulan-bulan berikut untuk memenuhi syarat untuk penerbitan KTP atau perekaman maka, kita anjurkan untuk langsung datangi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil SBT sekalian kita lakukan perekaman. Dan insya Allah mudah-mudahan dalam waktu dekat alokasi anggaran itu turun kita jemput bola langsung kecamatan, terutama di sekolah karena pemilih pemula ini juga kebanyakan di sekolah,” tandasnya.

Lebih lanjut kata dia, untuk himbauan yang kita sampaikan di kecamatan memang belum, hanya masih di Kecamatan Bula Barat kurang lebih dua minggu lalu. Sementara didalam Kecamatan Bula, ini sudah kita lakukan sosialisasi dan sekalian kita sudah perekaman yang menjemput bola.

“Insya Allah, target kita itu di beberapa kecamatan yang ada SMA/SMK yang belum memiliki KTP itu kita mencoba untuk menjemput bola perekaman KTP dalam waktu dekat jika anggaran di alokasikan di SBT ini. Untuk total kurang lebih 22 persen yang belum perekaman dan untuk pemili pemula sekitar 4 persen yang belum,” katanya. (S-27).