AMBON, Siwalimanews – Relawan Buruh Sahabat Ganjar Pranowo Provinsi Maluku, menghimbau masyarakat untuk tetap jaga kamtibmas dan stabilitas politik jelang pesta demokrasi 2024 nanti.

Ketua Relawan Buruh Sahabat Ganjar Provinsi Maluku, Matheys Edward Kailola mengatakan, prinsipnya dari Relawan Buruh Sahabat Ganjar berharap agar Ganjar Pranowo bias menjadi Presiden nanti. “Sebagai warga negara dan masyarakat, kami juga nanti akan bersentuhan dengan berbagai pihak yang juga punya kepentingan dengan fokus dan kegiatan program masing-masing dimana tujuan semuanya ingin memenangkan pasangan mereka. Setiap orang punya pilihan tetapi bagi kami bahwa yang paling terpenting dalam suatu kontestasi politik dalam sebuah kondisi yang harmonisasi demokrasi mulai tumbuh secara sehat bahkan kita harus saling menjaga,” ungkapnya, kepada wartawan, di Ambon, Rabu (10/1).

Kata dia, meski berbeda pilihan politik tapi tetap jaga keamanan dan ketertiban serta hilangkan politik identitas yang kerap kali dibangun.

“Mari kita berkontestasi, mari kita bersaing tapi dengan hati yang dingin dengan otak yang waras agar pada saat kita mencapai tujuan itu. Kita berharap bahwa suasana kondisinya tetap kondusif. Memang tidak bisa dihindari bahwa gesekan itu pasti ada cuma kami menghimbau terutama Relawan Buruh Sahabat Ganjar, mari kita berpegang pada komitmen kita dan berupaya kita memenangkan Ganjar dan Mahud tapi tidak mencederai demokrasi diantara kita yang hidup dan berkembang khususnya di Maluku,” tandasnya.

Lebih lanjut dirinya berharap Relawan Buruh Sahabat Ganjar di Maluku mampu menjadi motor penggerak untuk meredam konflik.

Baca Juga: Tetimelay Jadi Anggota Panwascam Lakor

“Kami berharap bahwa hal-hal seperti ini khususnya dari Relawan Buruh Sahabat Ganjar Maluku ini bisa menjadi motor untuk meredam itu, jangan kita mau mengarungi sebuah pertandingan dengan menggunakan hal-hal yang tidak sehat, berita-berita hoax ini juga kan tidak sehat dan kalau kita bisa menghindari itu saya yakin bahwa demokrasi yang sehat dan kondusif itu akan tercipta,” harap dia.

Menurutnya, dalam menangkan calon masing-masing merupakan tujuan utama tetapi harus dengan cara-cara yang baik dan elegan.

“Ada satu pesan baik kepada Relawan Buruh Sahabat Ganjar dan semua relawan yang lain, kita semua ini ingin calon pasangan kita menang tapi mari kita tanamkan di hati bahwa kemenangan itu sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa itu sudah dan sekarang yang katong bikin ini adalah bagian dari usaha, sehingga katong tidak perlu, katong bangun masa depan dengan baik, harus dengan cara baik, sehingga hoaks itu harus dihindari tetapi harus katong yakin bahwa Tuhan sudah siapkan satu pimpinan ke depan. Katong orang beragama, katong ikhtiar sehingga katong tanamkan di hati tidak ada lagi kebencian karena yang menang itu adalah yang Tuhan sudah tentukan,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan, yang paling penting adalah jaga stabilitas politik dan hindari radikalisme sehingga dirinya berharap peran aparat kepolisian mesti diutamakan.

“Prinsipnya, kita ini mau Pemilu berjalan lancar, aman, sukses dan baik,” pintanya.

Kailola menambahkan, semua harus menahan diri dan menanggapinya secara arif dan bijaksana sehingga pemilu yang diharapkan sebagai sebuah pesta demokrasi 5 tahunan itu betul-betul pesta rakyat yang bisa dirayakan oleh rakyat karena rakyat bergembira.(S-08)