AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku menyalurkan bantuan sosial berupa sembako kurang lebih 8.080 paket kepada masyarakat kurang mampu.

Penyaluran bansos menjelang HUT Bhayangkara ini ditandai dengan proses pelepasan kendaraan-kendaraan berisi sembako oleh Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif didampingi Kasdam XV Pattimura, serta perwakilan pemprov dan pengurus Bhayangkari di Mapolda Maluku, Selasa (25/6).

Proses pelepasan sembako juga dilakukan acara secara serentak oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri.

Kapolda Maluku dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (26/6) menjelaskan, kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di Polres jajaran Polda Maluku maupun di seluruh Indonesia.

“Penyaluran bantuan sosial dan bakti sosial merupakan rangkaian kegiatan rutin untuk menyambut HUT Bhayangkara ke-78,” tulis kapolda dalam rilisnya.

Baca Juga: FCT & MI Kantongi Surat Tugas PKB

Penyaluran bansos dan baksos ini kata kapolda, merupakan salah satu wujud rasa syukur Polda Maluku terhadap sesama. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah guna pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini selaras dengan tema HUT ke-78 Bhayangkara yaitu program Polri yang presisi menuju Indonesia emas, transformasi ekonomi inklusif dan berkewajiban serta menjaga keamanan dan stabilitas nasional menjelang pilkada serentak yang dilaksanakan tahun ini.

“Patut kita bersyukur dan berbahagia kita bisa berbagi dengan saudara-saudara kita khususnya adik-adik kita tadi yang menerima beasiswa demikian juga penerima baksos dan bansos yang menerima hari ini. Secara keseluruhan baik dari Polda dan Polres jajaran bansos yang kita distribusikan sebanyak 8.080 paket,” imbuhnya.

Tak hanya itu, menurut kapolda, kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan Polda Maluku dan Polres jajaran, yakni kegiatan bakti sosial religi di tempat-tempat ibadah. Sebanyak 164 tempat ibadah yang dibersihkan dan 14 unit rumah yang dibedah. Program bedah rumah bagi internal anggota Polri sebanyak 3 rumah dan eksternal bagi masyarakat yang kurang mampu sebanyak 11 rumah,” cetusntnya.

Selanjutnya tulis kapolda, program bantuan air bersih sebanyak 14 lokasi, dimana progres pekerjaan telah selesai 100 persen, bantuan beasiswa kepada empat orang anak purnawirawan serta PNS Polri.

“Saat ini Polda Maluku menyerahkan beasiswa kepada anak dari personel Polda Maluku sebanyak 4 orang yang terdiri dari dua anak dari almarhum purnawirawan Polri dan dua anak dari PNS Polri. Mudah-mudahan ini bisa mendukung keberlanjutan sekolahnya dan bisa capai cita-cita yang mereka dambakan,” harap kapolda.

Untuk diketahui, penyaluran bansos dengan sasaran masyarakat kurang mampu seperti di panti asuhan, panti jompo, buruh pelabuhan, petugas kebersihan, tukang ojek, tukang becak, dan sekolah luar biasa.

Sementara penerima beasiswa yaitu empat orang anak. Diantaranya Fadhil Attaillah (mahasiswa), untuk SMA, Muhammad Khairil Walla, (SMA), SMP Gregorian Kakisina dan SD Kesya Sopiya Patty.(S-10)