AMBON, Siwalimanews – Setelah resmi dilantik sebagai Pangdam XV/Pattimura oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Selasa (24/7) di Aula Jenderal Besar A. H. Nasution Lantai III Mabesad Jakarta, Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, mulai menjalani tugas perdananya di Makodam Pattimura, Kamis (26/9).

Putranto mengungkapkan, dirinya merasa terhormat dapat bergabung sebagai warga Kodam XV/Pattimura.

Putranto komitmen untuk me­lanjutkan program-program yang sudah ada, seperti program “Basu­dara Pattimura”.

“Harapannya, seluruh prajurit dan PNS Kodam XV/Pattimura, dapat bekerja lebih ekstra dan memberikan karya terbaik demi kemajuan Kodam, serta membangun kerjasama yang solid dengan Polri dan pemerintah daerah, “ kata Pangdam.

Pangdam yang didampingi Ketua Persit KCK PD XV/Pattimura Henny Putranto, menjalani sejumlah tradisi penerimaan sebagai Pangdam XV/Pattimura di Makodam.

Baca Juga: Warga Kilang & Hukurila Terima Ganti Untung Pembangunan Jalan

Prosesi Tradisi tersebut, diawali dengan penyambutan dan pengalungan syal adat Maluku oleh Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus, kepada Pangdam dan pemberian Hand Bouquet oleh Wakil Ketua Persit KCK PD XV/Pattimura, Fenny Nefra Firdaus, kepada Ketua Persit KCK PD XV/Pattimura Henny Putranto, dan sambutan tarian cakalele khas adat Maluku di tugu meriam depan Makodam.

Selanjutnya, Pangdam berjalan menuju Makodam untuk menerima hormat jajar dan laporan dari regu jaga, tradisi pedang pora, penyambutan oleh seluruh pejabat Kodam XV/Pattimura dan mantan Pangdam beserta isteri.

Tradisi dilanjutkan dengan penciuman Pataka Kodam XV/Pattimura “Lawamena Haulala”, serta menerima paparan dan penyerahan risalah sertijab Pangdam XV/Pattimura. Sedangkan, Ketua Persit KCK XV/Pattimura, juga melaksanakan Tradisi Pengukuhan dan Pelepasan Ibu Raksakarini Sri Sena atau Ibu Asuh Kowad di Lobby Makodam.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan apel bersama, yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam.

Usai pelaksanaan tradisi penerimaan Pangdam, dilanjutkan dengan tradisi pelepasan mantan Pangdam, Mayjen TNI Syafrial, sebagai bentuk penghargaan dan rasa bangga kepadanya selama menjabat sebagai Pangdam XV/Pattimura.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Pangdam Mayjen TNI Syafrial mengakhiri jabatannya sebagai Pangdam Pattimura dengan berpamitan ke seluruh prajurit dan PNS.

Syafrial mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh prajurit dan PNS selama Ia menjabat sebagai Pangdam XV/Pattimura, dan mohon doa restu untuk melanjutkan tugas di Satuan baru sebagai Kas Kostrad.

“Kondisi wilayah Kodam XV/Pattimura memiliki kesan yang mendalam, karena merupakan daerah kepulauan, terutama saat melakukan kunjungan kerja, baik di wilayah Maluku maupun Maluku Utara. Saya berharap, sinergitas dengan Polri dan stakeholder lainnya yang sudah baik dapat terus terjaga,” tuturnya. (S-10)