AMBON, Siwalimanews – Setelah resmi dilantik sebagai Pangdam XV Pattimura oleh Kasad Maruli Simanjuntak, Selasa (24/7) di aula Jenderal Besar AH Nasution Lantai III Mabesad Jakarta, Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, mulai menjalani tugas perdananya di Makodam Pattimura, Kamis (26/9).

Pangdam didampingi Ketua Persit KCK PD XV Pattimura Henny Putranto, menjalani sejumlah tradisi penerimaan sebagai Pangdam Pattimura di Makodam.

Prosesi Tradisi tersebut, diawali dengan penyambutan dan pengalungan syal adat Maluku oleh Kasdam XV Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus, kepada Pangdam dan pemberian hand bouquet oleh Wakil Ketua Persit KCK PD XV Pattimura Fenny Nefra Firdaus, kepada Ketua Persit KCK PD XV Pattimura Henny Putranto, dan sambutan tarian cakalele khas adat Maluku di tugu meriam depan Makodam.

Selanjutnya, Pangdam berjalan menuju Makodam untuk menerima hormat jajar dan laporan dari regu jaga, tradisi pedang pora, penyambutan oleh seluruh pejabat Kodam XV Pattimura dan mantan pangdam beserta isteri.

Tradisi dilanjutkan dengan penciuman Pataka Kodam XV Pattimura “Lawamena Haulala”, serta menerima paparan dan penyerahan risalah sertijab Pangdam XV Pattimura. Sedangkan, Ketua Persit KCK XV Pattimura, juga melaksanakan tradisi pengukuhan dan pelepasan Ibu Raksakarini Sri Sena atau Ibu Asuh Kowad di Lobby Makodam.

Baca Juga: Empat Jabatan Strategis di Kodam Pattimura Diserahterimakan

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan apel bersama, yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam.

Mayjen TNI Syafrial pada kesempatan berpamitan ke seluruh prajurit dan PNS, sekaligus menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh prajurit dan PNS selama ia menjabat sebagai Pangdam XV Pattimura, dan mohon doa restu untuk melanjutkan tugas di satuan baru sebagai Kas Kostrad.

“Kondisi wilayah Kodam XV Pattimura memiliki kesan yang mendalam, karena merupakan daerah kepulauan, terutama saat melakukan kunjungan kerja, baik di wilayah Maluku maupun Maluku Utara. Saya berharap, sinergitas dengan Polri dan stakeholder lainnya yang sudah baik dapat terus terjaga,” pintanya.

Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo mengaku, dirinya merasa terhormat dapat bergabung sebagai warga Kodam XV Pattimura, bahkan ia berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang sudah ada, seperti program “Basudara Pattimura”.

“Harapannya, seluruh prajurit dan PNS Kodam XV Pattimura, dapat bekerja lebih ekstra dan memberikan karya terbaik demi kemajuan Kodam, serta membangun kerjasama yang solid dengan Polri dan pemerintah daerah, ” ujarnya.

Usai pelaksanaan tradisi penerimaan Pangdam, dilanjutkan dengan tradisi pelepasan mantan Pangdam, Mayjen TNI Syafrial, sebagai bentuk penghargaan dan rasa bangga kepadanya selama menjabat sebagai Pangdam XV Pattimura.(S-10)