AMBON, Siwalimanews –  Samuel Estefanus Huwae resmi ditunjuk sebagai penjabat Bupati Maluku Tenggara menggantikan Jasmono.

Penujukan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Maluku itu dilakukan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Jasmono yang sebelumnya dilantik pada 31 Oktober 2023 lalu tidak lagi diperpanjang masa jabatannya untuk menjadi penjabat Bupati Maluku Tenggara.

Sumber Siwalima di Kantor Gu­bernur Maluku membenarkan adanya informasi penunjukan Huwae menggantikan Jasmono.

Menurut sumber, SK pemberhentian Jasmono dan pengangkatan Huwae telah ditekan Mendagri Tito Karnavian sejak beberapa hari lalu.

Baca Juga: Pertahankan Insun, Pj Gubernur Langgar Aturan

Bahkan petikan surat keputusan pengangkatan Huwae kata sumber telah diterima Penjabat Gubernur Maluku, Sadli Ie.

“Jadi betul, SK pengangkatan pak Huwae sebagai Penjabat Bupati Maluku Tenggara sudah keluar dari hari Jumat lalu dan sudah ditangan pak Penjabat,” ungkap sumber yang meminta namanya tidak dikorankan kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Minggu (20/10).

Sumber ini menjelaskan, pelantikan Huwae akan dilakukan pada Kamis (31/10) mendatang bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Jasmono sebagai penjabat Bupati Maluku Tenggara.

“Soal waktu pelantikan akan dilakukan di Mess Maluku Jakarta pada 31 Oktober,” jelasnya.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin ketika dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Minggu (20/10) mengaku belum mengetahui informasi tersebut.

“Saya belum melihat SK Mendagri, kalau sudah ada SK-nya nanti saya infokan,” ujar singkat Syuryadi. (S-20)