AMBON, Siwalimanews – Guyur hujan tak menghalangi jalannya upcara HUT Kota ke-449, yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Sabtu (7/9) pagi.

Upacara yang dibalut dengan nuansa adat dan budaya serta menggunakan dialeg Ambon itu, diawali dengan penyerahan kapata Kota Ambon kepada Pj Walikota Dominggus Kaya yang diiringi dengan tarian cakalele.

Pj Walikota Ambon Dominggus Kaya dalam sambutannya menegaskan, untuk menjadikan Ambon menjadi kota yang lebih baik, bukan berarti harus menjadi seorang pejabat, ataupun seorang anggota DPRD, namun seluruh elemen masyarakat Kota Ambon harus memiliki rasa tanggungjawab dan cinta untuk secara bersama-sama membangun kota ini.

“Kalau mau bikin bagus Kota Ambon, seng usah tunggu jadi walikota dolo, atau tunggu jadi anggota DPRD dolo atau tunggu jadi pejabat dolo. Tapi katong samua bisa kase bagus kota sama-sama,” tandas walikota dengan dialeg Ambon.

Walikota juga mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat dan ASN, untuk tidak bermalas-malasan dan hidup massa bodoh, sebab masyarakat maupun ASN harus secara bersama membangun kota.

Baca Juga: Pemprov Diminta Humanis Selesaikan Masalah Lahan Mandala Remaja

“Kajadian di hidop hari-hari harus kase tinggal akang. Jangan buang sampah sabarang, laeng baku marah deng laeng, ana-ana skolah jang pamalas, ASN jua masuk lat. Sudah masuk lat lalu pulang tempo. Itu seng bagus, jadi musti rubah akang par katong samua pung bae, par Ambon pung bae,” pinta walikota.

Sementara itu usai ucapara, kepada wartawan walikota, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut menyukseskan pilkada yang akan berlangsung beberapa bulan kedepan.

“Di HUT Kota Ambon ini, saya ingin sampaikan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat di Ambon untuk mari secara bersama menyukseskan pilkada,” ajak walikota.

Menurutnya, tema HUT kota Deng Cinta Voor Ambon, maka seluruh warga kota harus saling mengasihi dan menghargai, saling menjaga, sehingga meskipun berbeda dalam memilih pemimpin kota Ambon, tidak akan ada perpecahan karena warga kota memiliki rasa cinta sesama.

“Walaupun berbeda pilihan, berbeda pendapat itu bukan merupakan sesuatu yang mesti diributkan oleh warga kota. Karena pada saatnya, siapapun pemimpin yang terpilih nanti, saya yakin akan membawa Ambon semakin lebih maju lagi, ” ucap walikota.(S-29)