AMBON, Siwalimanews – Calon Gubernur Maluku Hendrik Lewerissa berjanji, akan membenahi persoalan kesehatan dan pendidikan di Maluku.

Komitmen ini diungkapkan HL sapaan akrab Lewerissa merespon keluhan warga Petak 10 saat melakukan kampanye dialogis, Kamis (10/10).

Lewerissa mengungkapkan, hampir semua fasilitas kesehatan di Provinsi Maluku mengalami masalah baik infrastruktur maupun pelayanan.

“Hari ini miris banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan dengan baik walaupun ada BPJS. Ini yang harus diperbaiki dan tidak boleh dibiarkan terjadi terus,” ujar HL.

Maluku kata Lewerissa, saat ini juga mengalami persoalan terkait dengan ketersediaan tenaga kesehatan yang masih kurang hampir terjadi di semua pelosok Maluku.

Baca Juga: Lewerissa: Retribusi yang Bebani Pedagang Bakal Dicabut

HL mengaku, telah berkomitmen jika nantinya terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur, maka pihaknya akan membenahi sektor kesehatan yang belakangan terpuruk, termasuk memperbaiki RSUD Haulussy sebagai rumah sakit rujukan masyarakat di daerah ini.

“RSUD Haulussy itu harus diperbaiki, sebab ini fasilitas yang baik. Pemerintah yang baik harus mampu menyediakan fasilitas kesehatan bagi masyarakat dan pasti kita perbaiki,” tandas HL.

Tak hanya kesehatan, HL juga memastikan akan membenahi sektor pendidikan di Maluku yang hari ini sangat miris.

Sektor pendidikan di Maluku hari ini terjadi devisit tenaga pendidik, khususnya pada sekolah swasta dikarenakan kebijakan penarikan guru ASN dari sekolah swasta, maka ini harus menjadi perhatian.

“Jika kami diberikan kesempatan, maka kami pastikan akan membenahi sektor pendidikan, sebab tercatat hari ini kualitas pendidikan di Maluku sangat miris,” janji HL .

Ia menegaskan, pihaknya bersama wakil gubernur telah memiliki perencanaan yang jelas untuk menyelesaikan sejumlah persoalan di Maluku. Bahkan ia memastikan akan memperhatikan persoalan air bersih, termasuk di petak 10 yang sampai hari ini belum diperhatikan.

“Banyak masalah yang terjadi selama beberapa tahun terakhir, apakah kondisi keterpurukan ini mau dilanjutkan, mari bersama-sama benahi Maluku,” ajak HL.(S-20)