PEJABAT sementara Bupati Seram Bagian Timur, Djalaludin Salampessy menghadiri pelantikan dan sumpah/janji 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur periode 2024- 2029, Kamis (26/9).

Salampessy kepada wartawan usia pelantikan anggota DPRD Seram Bagian Timur. Kamis (26/9) mengatakan,  apa yang kemudian menjadi upaya- upaya untuk bersama sebagai bentuk sinergi kolaborasi dan kekuatan untuk membangun negeri tercinta Ini Negeri Ita Wotu Nusa adalah adalah kolektivitas dari pemikiran.

“Tadi arahan pak menteri yang tadi kami bacakan Itu sangat jelas dimana fungsi- fungsi dan tugas-tugas anggota DPRD Seram Bagian Timur yang kemudian harus diperkuat dengan penguatan kelembagaan dari sisi aturannya dan ke lembaga anda dari sisi pema­haman,” ungkapnya

Salampessy mengaku, pema­haman kelembagaan sebagaimana yang diatur dalam aturan perundang- undangan, ada fungsi- fungsi legislasi dari fungsi budgeting dan juga fungsi pengawasan fungsi perencanaan. Yang kemudian harus dikuatkan dengan diklat diklat untuk kesepemahaman dengan pemerintah daerah.

“Pemerintahan itu bisa berjalan dengan cek imblansis sehingga langkah yang didorong dengan program-program akan bisa merupakan kekuatan yang diresmikan ditingkat legislasi yaitu langkah utama yang kami lakukan dan alhamdulillah semua berjalan baik lancar, dengan harapan agar masyarakat akan mendapatkan manfaatnya berupa kemampuan kolaborasi untuk membangun negeri Ita Wotu Nusa,” pungkasnya.

Baca Juga: Tim Peneliti UI dan UMMN Jadikan Ambon Lokasi Penelitian Pengembangan Infokom

Untuk diketahui, 25 Anggota DPRD Kabupaten SBT yang dilantik diantaranya 14 orang wajah baru yakni Risman Sibualamo (PKB), Ahmad Voth (Gerindra) Abdul Azis Yanlua, (PDIP), Ismail Rumbalifar (Golkar), Ichwan Mochsal (NasDem), Husin Rumadan (PKS), Daud Rumakabis (PKN) Fadli Salim Elbetan (Hanura), Wa Muhaya (PAN) Idrus Wakano (PPP).

Sementara, Gafar Rumonin (PKB) Muhammad Rifai Kelkusa  (PDIP), Maapia Ena (Golkar), Alexander Patty (NasDem), Muhaimin Alkatiry  (PAN), Darwis Rumakey (Demokrat) Fathul Kwairumaratu (PPP).

Selanjutnya, Rudi Wajo (PKB), Yusuf Alkatiry (Gerindra) Rudi Rumodar (PDIP), Husen Kelilauw, (Golkar), Jasali Keliwar, (NasDem), Abdul Gurium (PKS), Zainudin Noval Rumuar  (Hanura), Rafly Lahmadi  (Demokrat). (S-27)