AMBON, Siwalimanews – Partai Gerindra mengusulkan pergantian tiga calon anggota DPRD Provinsi Maluku terpilih periode 2024-2029.

Ketiga caleg terpilih tersebut diusulkan untuk diganti lantaran maju dalam kontestsi pilkada serentak di tiga kabupaten berbeda di Maluku.

Caleg terpilih yang diganti masing-masing, Melkianus Sairdekut caleg pada dapil Maluku 7 (Kabupaten Tanimbar – MBD), Andi Munaswir caleg dapil Maluku 3 (Kabupaten Malteng) dan M Hatta Hehanusa caleg dapil 5 (Kabupaten SBB).

Untuk Hatta Hehanusa digantikan oleh Allan Lohi dan Andi Munaswir digantikan oleh Zain Latukaisupy, sementara Melkianus Sairdekut diganti oleh Jhon Laipeny yang semuanya merupakan caleg pemenangan kedua terbanyak hasil pileg 14 Februari lalu.

“Partai Gerindra sudah usul ke KPU Maluku untuk diproses pergantian caleg terpilih,” ujar Wakil ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku Maichel Papilaya kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (31/8).

Baca Juga: KPU SBT: Masih Tersisa Dua Calkada Belum Jalani Pemeriksaan

Pengusulan calon pengganti kata Papilaya, dilakukan setelah ketiga caleg terpilih tersebut menyurati DPP terkait pengunduruan diri sebagai calon DPRD Provinsi Maluku terpilih, sehingga diproses oleh DPD Gerindra Maluku.

Papilaya menegaskan, surat usulan telah diserahkan ke KPU Maluku dan mekanisme pergantian akan dilakukan KPU Maluku.

“Soal mekanisme pergantian nanti kita serahkan ke KPU, karena surat dari Partai Gerindra sudah masuk ke KPU,” jelasnya.(S-20)