AMBON, Siwalimanews – Partai Gerindra Maluku menyerahkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, kepada DPP untuk menjadi pertimbangan.

Ketua Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa mengungkapkan, seluruh rangkaian uji kelayakan dan kepatutan terhadap 50 bacalkada telah selesai.

Uji kelayakan dan kepatutan kata Lewerissa, dilakukan selama dua hari dengan melibatkan tim penguji dari jajaran akademisi.

“Kita sudah selesai melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 50 bacalkada dan hasilnya akan kita serahkan ke DPP Partai Gerindra untuk menjadi bahan pertimbangan,” ujar Lewerissa, kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Rabu (5/6).

DPD dan DPC Partai Gerindra kata Lewerissa, hanya bertugas  menyelenggarakan penjaringan sampai uji kelayakan dan selanjutnya proses diserahkan kepada DPP untuk memutuskan arah politik partai.

Baca Juga: Lima Mantan Komisioner KPU Aru Dihukum 1,6 Tahun Bui

Selain uji kelayakan, elektabilitas dari lembaga survei juga menjadi parameter yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan bagi DPP dalam mengusung calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Lewerissa juga membantah adanya spekulasi di tengah masyarakat bahwa Partai Gerindra telah memiliki calon-calon tertentu untuk diusung dalam Pilkada.

“Prinsipnya semua bakal calon kepala daerah kita perlakukan setara dan siapapun diantara mereka jika dipandang layak dan patut sebagai kepala daerah dia akan berpeluang mendapatkan rekomendasi,” pungkasnya.(S-20)