MASOHI, Siwalimanews – Partai Gerindra Kabupaten Maluku Tengah resmi  menutup jadwal penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pilkada mendatang.

Sejak dibuka  pada 22 April hingga Selasa (7/4),  Tim penjaringan partai yang dipimpin Herry Man Carl Haurissa itu berhasil menjaring 6 Bacalkada, lima diantaranya adalah balon Bupati dan satu lainnya adalah balon wakil bupati.

Ketua DPC Gerindra Malteng Herry M C Haurissa bersama Panitia penjaringan menjelaskan, kelima balon Bupati dan satu balon wakil bupati itu adalah mereka yang mengambil formulir serta juga dikembalikan atau didaftar.

“Hari ini, Selasa 7 mei 2024 Partai Gerindra Kabupaten Maluku Tengah resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan penjaringan Bacalkada Malteng. Kami tutup dengan 5 balon Bupati dan satu balon wakil Bupati,” tandas Haurissa.

“Jadi kelima bupati itu diantaranya, balon Bupati Muhamat Marasabessy, Zulkarnain Awat Amir, Andi Munarswir, Agustinus Mawara dan Mirati Dewaningsi Tuasikal. Satu satunya Balon Wakil Bupati yang mengembalikan berkas adalah Victor Loupatty,”tambahnya.

Baca Juga: Usung Konsep Perubahan, Nasdem Beri Jaminan ke FCT

Pihaknya kata Ketua DPRD Malteng terpilih ini selanjutnya akan disampaikan ke DPP Gerindra untuk melaksanakan tahapan berikutnya. Tahapan itu diklaim, adalah upaya menentukan kecakapan dan kelayakan serta tingkat elektabilitas dan popularitas untuk memutuskan siapa yang layak mendapatkan rekomendasi Partai Gerindra.

Dikatakan, dari kelima Balon yang mendaftar tentu akan dinilai secara proporsional oleh DPP. Meski secara umum pihaknya telah memiliki gambaran kekuatan politik dari semua balon yang mendaftar.

Tentu hasil penjaringan ini akan kita sampaikan ke DPP. Tentu nantinya ada mekanisme yang dipakai,apakah itu Fit dan Proper,ukuran elektabilitas dan popularitas serta mungkin mekanisme lainnya. Namun demikian kita telah memiliki gambaran kekuatan politik masing masing bakal calon,profil mereka,serta visi para calon untuk membangun Malteng.

Prinsipnya, ukuran terutama adalah menang dalam pertarungan pilkada Malteng. Karenanya untuk memutuskan hal itu DPP pasti akan menggunakan instrumen umur yang objektif,realistis,terukur dan pastinya, proporsional, untuk  menentukan siapa yang layak didukung Gerindra pada  Pilkada serentak, November mendatang,” tandasnya.

Untuk diketahui, Balon Bupati Andi Munarswir Intan paling tidak memiliki peluang lebih lebar. Disamping yang bersangkutan adalah kader Gerindra,Intan pun tercatat memiliki kekuatan politik yang mempuni.

Diketahui dalam tiga kali kontestasi Pileg Intan tidak pernah kalah dan selalu menang dalam setiap pertarungan baik sebagai Caleg DPRD maupun DPRD Provinsi.

Menyambut Pendaftaran Andi Munarswir Intan Haurissa secara tegas menyapa kadernya itu sebagai anak kandung.

Haurissa ketika menyambut kehadiran “anak kandung” Partai Gerindra Malteng mengakui hal itu, meski secara prosedural organisasi Gerindra tetap harus menempuh jalur yang profesional.

“Andi Munarswir Intan adalah anak kandung Partai Gerindra. Soal siapa yang nantinya didukung hanya Tuhan dan DPP yang tahu. Andi adalah anak kandung, tetapi partai tetap akan mengunakan prinsip adil dan mengistimewakan semua bakal calon yang mendaftar,” cetusnya.(S-17)