AMBON, Siwalimanews – Pembangunan gedung bedah sentral, Intensive Care Unit (ICU) atau Unit Peralatan dan Intensif Cardiac Care Unit (ICCU) RSUD dr M Haulussy kembali dikerjakan.

Pekerjaan lanjut tersebut tengah dilakukan, setelah sebelumnya terbengkalai usai dibangun pada tahun 2021 dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus 2020.

“Untuk pembangunan gedung bedah sentral, ICU dan ICCU ini saat ini sedang dilakukan pekerjaan lanjutan,” ungkap Plt Direktur RSUD dr M Haulussy Novita Nikijuluw kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (23/10).

Dijelaskannya terdapat dua jenis pekerjaan yang dilakukan, yakni pekerjaan arsitekur dan pengadaan yang memang sudah tidak terlalu banyak. Sisa pekerjaan yang sedang dilakukan, yakni pemasangan plafon dan pemasangan AC, sehingga waktu dua bulan tersisa cukup untuk menyelesaikan gedung tersebut.

Sedangkan untuk peralatan medis, Nikijuluw menjelaskan, tidak perlu lagi dilakukan pengadaan, sebab RSUD Haulussy telah memiliki peralatan sebelumnya.

Baca Juga: Pemprov Diminta Taat Aturan Kembalikan Insun ke Unpatti

“Alat kesehatan kan sudah ada, contoh ICCU itu sudah ada ruangannya tinggal alatnya dipindahkan begitu juga untuk ICU dan ruangan bedah. jadi tidak ada pengadaan lagi,” jelasnya.

Menurutnya, untuk ruangan ICCU dan ICU pemindahan peralatan medis belum dapat dilakukan lantaran masih dilakukan pekerjaan ruang operasi yang berada di lantai dua sebab akan menggangu pasien.

“Sebagai pengguna bangunan kami tentu berharap gedung ini dapat segera selesai dan digunakan untuk kepentingan pelayanan pasien di RSUD Haulussy,” pungkasnya.(S-20)