AMBON, Siwalimanews – Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesian Office membuka peluang kerja sama di Maluku.

Badan berskala internasional ini, merupakan sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Di Indonesia sendiri, lembaga ini berada di bawah Kementerian Luar Negeri.

Untuk menuju ketahapan kerjasama di Maluku, maka Kantor Perwakilan di Indonesia mengunjungi Kota Ambon yang merupakan ibu kota Provinsi Maluku.

Dalam kunjungan itu, perwakilan JICA Mr Kashima Kohei selaku Project Formulation Advisor dan Kombes (Purn) Ermiady Yadi selaku Security Advisory, JICA Indonesian Office menemui Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro Tambunan.

Kunjungan silaturahmi dengan kapolda itu, dihelat di ruang tamu Mapaolda Maluku, Selasa (3/9). Pada pertemuan tersebut, kedua pihak membicarakan mengenai potensi kerjasama hingga tantangan operasional ke depan di wilayah Maluku.

Baca Juga: Senin, RSUD Periksa Kesehatan Sembilan Calkada

Kapolda saat menerima kedatangan perwakilan JICA Indonesian Office memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan mereka ke Mapolda Maluku. Polda sangat menyambut setiap bentuk kerjasama yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat Maluku.

“Polda Maluku selalu terbuka dan menyambut baik segala bentuk kerjasama, terutama yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Maluku,” ucap kapolda.

Selain mempererat hubungan bilateral, pertemuan yang dilakukan juga membahas berbagai aspek terkait situasi dan kondisi geografis serta karakteristik wilayah Maluku yang menjadi tantangan bagi pelaksanaan tugas kepolisian.

Diskusi yang dilaksanakan diharapkan dapat menjadi landasan bagi kerjasama strategis yang lebih kuat antara Polda Maluku dan JICA dalam berbagai bidang.(S-10)