BULA, Siwalimanews – Untuk mengoptimalkan program JKN-KIS, maka BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten SBT menggelar forum komunikasi pemangku Kepentingan.

Kegiatan dipimpin Assisten 1  Setda SBT Ambo Wokanubun itu dipusatkan di Kantor BPJS Kesehatan Kota Bula, Jumat.(6/9)

Kepala Cabang BPJS Kesehatan SBT Elsa Welhelmina Tutuarima kepada Siwalimanews mengatakan, tujuan forum komunikasi ini guna menjalin komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan terkait pelaksanaan program JKN-KIS

“Forum ini juga untuk menunjang optimalisasi pelayanan BPJS Kesehatan dan  perluasan cakupan peserta terhadap peserta JKN-KIS serta terwujudnya kemudahan akses layanan kesehatan bagi penduduk, dan tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung program JKN-KIS,” ungkapnya.

Saat ini kata dia, seluruh kepala desa dan perangkatnya dapat didaftarkan sebagai peserta  JKN- KIS beserta anggota keluarganya. Untuk itu, Pemkab melalui Dinas Sosial dan Dinas Pemdes harus memastikan seluruh masyarakat SBT sudah terdaftar sebagai peserta JKN, sehingga pada saat sakit tidak bingung untuk pembiayaannya.

Baca Juga: Tuding Calkada MDR Berijazah Palsu, Ini Penjelasan Partai Gerindra

Dinas sosial bersama Dinas Pendes dapat juga melakukan percepatan verivali data secara rutin dan melakukan pengusulan setiap bulannya, dengan memperbanyak data cadangan pada aplikasi SIks-Ng sehingga peluang untuk masyarakat terdaftar dapat lebih banyak.

“Dukungan seluruh pemangku kepentingan untuk turut serta dalam mendukung dan memberikan layanan terbaik kepada peserta JKN KIS melalui implementasi janji layanan mudah, cepat, dan setara,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Harbu Hakim berharap, semoga pelaksanaan forum komunikasi ini dapat bermanfaat dan menghasilkan gagasan serta ide untuk kesinambungan program JKN di SBT.(S-27)