AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pattimura menggelar rapat koordinas dan bimbingan teknis penyusunan dokumen masterplan smart city Kota Ambon Periode 2025-2029.

Pj Walikota Ambon Dominggus Kaya dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setkot Ambon Selly Kalahatu saat membuka rokor itu di ruang rapat Vlissingen, Kamis (29/8) menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk merumuskan arah kebijakan, tata kelola smart city, serta melakukan analisis kesenjangan kesiapannya.

Untuk mewujudkan smart city, ada beberapa faktor utama yang mesti diperhatikan, diantaranya, smart governance, economy, branding, society, living & environment, dengan program unggulan antara lain, pembangunan command center, sound of green, mitigasi tangguh bencana, pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, jiku bata, dan pengelolaan bank sampah.

“Strategi kedepan diharapkan, pemkot tetap komitmen dan konsisten dalam penyelenggaraan mewujudkan smart city dan melalui rakor ini, semua pihak yang berkaitan, baik itu dewan smart city, LPPM Unpatti, OPD terkait dapat mengavaluasi program yang telah berjalan sebelumnya dan yang akan dilaksanakan selanjutnya, agar dapat diketahui relevansinya guna menjawab kebutuhan masyarakat,’ tandas walikota.

Untuk itu walikota memberikan apresiasi yang tinggi kepada LPPM Unpatti yang telah bekerjasama dalam penyusunan dokumen masterplan smart city.

Baca Juga: Megathrust Mengancam, Pemda Diminta Kedepankan Upaya Mitigasi

Plt Kadis Kominfo Kota Ambon Ronald Lekransy berharap, semua tahapan penyusunan masterplan dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, sebagai kerja bersama OPD teknis di Lingkup Pemkot Ambon.

“Kami sangat berharap semua OPD teknis yang terlibat dapat memberikan penguatan terhadap penyusunan dokumen masterplan sesuai dalam dimensi smart city  guna mendukung dan mempermudah pelayanan publik, dan juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga Kota Ambon,” ujarnya.(S-29)