AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura Ambon menggandeng Kementerian PPN/Bappenas menggelar kuliah umum yang berlangsung di lanta II Gedung Rektorat kampus itu, Kamis (27/6).

Kuliah umum dengan tema RPJPN 2025-2045, Transformasi Pendidikan Tinggi Mewujudkan Indonesia Emas 2045 itu, menghadirkan Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Amich Alhumami.

Amich Alhumami saat membawakan materinya terkait potret pendidikan Indonesia, RPJPN 2025-2045,  sasaran, agenda dan arah tujuan, tren global dan tantangan pendidikan tinggi, serta pengembangan bidang ilmu dan optimalisasi peran perguruan tinggi.

Ia berharap, semua pihak lebih adaptif terhadap perubahan dan mampu menjawab tantangan masa depan, karena perguruan tinggi dituntut melakukan pengutan tiga hal penting.

“Ketiga hal penting itu, yakni centre of learning, teaching, and research centre of regional (economic) studies centre of scientific development and technology innovation,” jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Panwascam Bakal Ikuti Bimtek Pengawasan Pilkada

Ditemat yang sama, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistim Informasi Ruslan Tawari mengaku, bersyukur Unpatti bisa disambangi oleh oleh Kementrian PPN/Bappenas.Ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk bertanya terkait pembangunan di bidang pendidikan dalam kaitan dengan pengembangan SDM, terutama solusi atau kemudahan bagi masyarakat di daerah kepulauan, agar bisa juga menikmati pendidikan dalam pembangunan berkelanjutan.

“Kita berharap ini bisa jadi bagian dari partispasi kita untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju dan sejahterah,” ucap Ruslan.(S-25)