AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura menggelar workshop Internasional tentang kerjasama riset. Workshop yang berlangsung di aula Lantai II Gedung Rektorat Unpatti itu, berlangsung dengan mengandeng beberapa universitas.

Sejumlah Universitas tersebut masing-masing, University College London (UCL), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Orela Shipyard Surabaya. Workshop dengan tema “Implementasi Hasil Riset Untuk Kapal-Kapal Perikanan” tersebut, digelar selama lima hari sejak, Senin (20/5) hingga 24 Mei.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dominggus Malle saat pembukaan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut riset kolaborasi yang tercetus sejak 2021 lalu. Dimana sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan. Dari kolaborasi ini yang fokusnya adalah inovasi bagi keselamatan selama proses pelayaran dan proses penangkapan ikan.

“Maluku merupakan wilayah kepulauan dan sebagian besar masyarakat bermata pencarian sebagai nelayan. Dalam melakukan aktivitasnya, selalu menggunakan perahu dengan berbagai ukuran. Terkadang kondisi alam menjadi ancam tersendiri bagi para nelayan, untuk itu pemerintah atau institusi pendidikan harus konsen untuk membantu mencari solusi yang inovatif dan berguna bagi masyarakat,”ujarnya.

Pihaknya berterima kasih atas kerjasama ini. Banyak hal diperoleh, termasuk bagaimana merancang kapal anti tenggelam yang dapat dipergunakan oleh nelayan dan masyarakat, seperti pembuatan live jacket yang sebenarnya itu terbuat dari olehan ban bekas.

Baca Juga: Indehoi di Penginapan, Sejumlah Pasangan Terjaring Operasi Pekat

“Kita tentu berharap ini dapat dipelajari oleh peserta dalam kegiagan ini, karena ini bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam kolaborasi inovatif.

Diketahui, kegitan ini juga dilakukan bersama kelompok nelayan yang berkonsentrasi pada justifikasi input data untuk mobile app alat keselamatan kapal perikanan. Juga bersama dengan mitra kelompok nelayan dan tim workshop.

Selain itu dilakukan pelayaran bersama kapal ikan kelompok nelayan di perairan Desa Hitu selama sehari penuh untuk justifikasi penggunaan mobile app pada kapal-kapal perikanan.

Bahkan juga dilakukan dengan mitra kelompok nelayan dan tim workshop pada kapal perikanan di perairan Desa Hitu untuk justifikasi aplikasi peralatan keselamatan ABK.

Serta dilakukan Focus Group Discussion antara staf University College London dan Universitas Pattimura untuk mendiskusikan kerja sama riset dimasa depan antara kedua institusi.

“Semua hasil hasil workshop akan dirampungkan dan dikembangkan untuk diterbitkan dalam beberapa jurnal/prosiding nasional dan internasional. Juga beberapa rekomendasi dari hasil riset dan workshop ini akan diterbitkan sebagai masukan untuk berbagai pihak terkait,”ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Wolter R Hetharia dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasi hasil riset kolaborasi tentang keselamatan kapal perikanan melalui aplikasi mobile app kepada para pengguna, justifikasi dan implementasi instrument keselamatan stabilitas kapal dan keselamatan ABK di laut kepada para pengguna, serta Implementasi hasil riset tentang desain baru penggunaan alat pembantu penangkapan ikan serta aplikasi sistim pencahayaan berdasarkan energi surya.

Dijelaskan, pengembangan bidang kerja sama institusi perguruan tinggi merupakan suatu usaha yang mutlak dalam rangka pelaksanaan program Tri-Dharma perguruan tinggi.

“Keterlibatan kerjasama perguruan tinggi secara nasional/internasional menunjukan kualitas perguruan tinggi tersebut pada tingkat nasional/internasional,” ujarnya

Menurutnya, hubungan timbal balik antar institusi pada level nasional/internasional ini memberikan dampak positif terhadap kemajuan antar institusi dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan kerja sama.

Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon melalui tim riset telah melakukan kerja sama dalam bidang penelitian dan kerja sama ini,”jelasnya.

Ditambahkan, dalam kegiatan ini juga dilakukan presentasi desiminasi hasil riset kerja sama Unpatti-UCL yang disampaikan oleh Andrea Grech La Rosa UCL dan Wolter Hetharia Unpatti terkait dengan keselamatan kapal perikanan serta desain dan aplikasi energi surya untuk rumpon perikanan, Workshop Inclining Test untuk kapal ikan kelompok nelayan Desa Hitu, Workshop aplikasi mobile app pada kapal ikan Workshop aplikasi safety jacket bagi nelayan dan FGD dengan unsur pimpinan Unpatti dan Fakultas Teknik tentang kerjasama di masa depan.(S-25)