AMBON, Siwalimanews – Tahapan Pilkada serentak di Maluku  telah memasuki ma­sa kampanye. Olehnya Forum Pembauran Kebangsaan Maluku menyerukan Pilkada damai.

“Kami mengajak masyarakat paguyuban Flobamora untuk turut menjaga situasi kondusif dengan menghindari pernyataan yang menyerang Paslon lain, penyebaran hoax dan politik identitas,” pinta Ketua Paguyuban Flobamora Maluku, Marianus Djati, melalui press release yang diterima Siwalima, Kamis (26/9).

Dikatakan, situasi dinamika politik yang makin memanas dengan persaingan para kandidat ikut mempengaruhi kehidupan masyarakat.

“Untuk itu perlu adanya peran para tokoh masyarakat khususnya tokoh paguyuban lainnya untuk dapat menyuarakan hal yang sama kepada warga masyarakatnya sehingga Pilkada serentak 2024 di Provinsi Maluku dapat terlaksana dengan aman, damai dan sejuk,” tandasnya.

Selain itu, kata dia, pentingnya netralitas penyelenggaraan Pilkada baik KPU dan Bawaslu, ASN dan TNI-Polri dalam Pilkada

Baca Juga: Pemkab SBT: Guru Penggerak Harus Diprioritaskan

“Kami juga mendukung Polda Maluku yang bersinergis dengan unsur terkait dalam kegiatan mengamankan jalannya pesta demokrasi Pilkada serentak 2024 di Provinsi Maluku,” katanya.

Senada dengan itu, Seketaris Paguyuban Sulawesi Utara, Novi Palandi meminta agar dalam massa kampanye ini masyarakat Paguyuban Sulawesi Utara agar dapat menghindari penyebaran hoax, ujaran kebencian dan politik identitas yang memecah belah masyarakat di Maluku.

“Kami juga mengajak tokoh paguyuban lainnya untuk dapat menyuarakan hal yang sama kepada warga masyarakatnya sehingga Pilkada serentak 2024 di Provinsi Maluku dapat terlaksana dengan aman, damai dan sejuk,” tandasnya.

Palandi juga berharap agar  netralitas penyelenggaraan Pilkada baik KPU dan Bawaslu maupun ASN dan TNI-Polri dalam Pilkada dapat menjaga netralitasnya.

“Kami juga mendukung kegiatan pengamanan Pilkada oleh Kepolisian dalam hal ini Polda Maluku yang bersinergis dengan unsur terkait TNI,” tegasnya.(S-08)