AMBON, Siwalimanews – Forum Kerukunan Umat Bera­gama (FKUB) menyeruhkan masya­rakat menjaga keamanan jelang Pilkada serentak.

Seruan ini diungkapkan Ketua FKUB Provinsi Maluku, Abdullah Latuapo kepada wartawan di Ambon, Selasa (20/8).

Latuapo mengungkapkan pilkada serentak 17 November mendatang merupakan salah satu agenda pen­ting untuk disukseskan.

Pilkada merupakan wahana setiap warga masyarakat Maluku untuk memilih pemimpin baik dilevel provinsi, kabupaten maupun kota.

“Semua pihak tentu berharap Pilkada berlangsung aman, lancar dan tertib tetapi faktanya menun­juk­kan pada setiap pilkada sering ter­jadi friksi, benturan bahkan konflik sosial. Ini yang menjadi perhatian FKUB Maluku,” ucap Latuapo.

Baca Juga: Pemkab MBD Tambah 3 Unit Mobil Ambulance

Menurut Latuapo, Provinsi Ma­-l­u­ku merupakan wilayah yang rawan konflik maka FKUB terus berkomit­men untuk membantu pemerintah dan TNI/Polri guna memastikan keamanan dimasing-masing wilayah dapat terjaga.

Hal tersebut dilakukan dengan terus mengedukasi masyarakat agar menjaga tertib sosial, sehingga pilkada serentak dapat berlangsung dengan aman, demokratis, tertib dan lancar.

“Maluku yang aman adalah kata kunci yang menjadi perhatian serius FKUB dan semua pihak artinya spirit orang basudara tidak boleh hanya menjadi sebuah slogan tetapi betul-betul terinternalisasi dalam cita rasa, sikap dan perilaku orang basudara di Maluku,” tegasnya.

Latuapo pun mengingatkan mas­yarakat di Maluku agar tidak ter­provokasi dengan berita hoaks dan isu-isu menyesatkan yang dapat menimbulkan konflik sosial.

“FKUB juga meminta masyarakat untuk menggunakan hak politiknya sesuai hati nurani tanpa ada in­tervensi dari pihak manapun,” pung­kasnya.

Ia juga mendorong FKUB Kabu­paten dan Kota untuk terus me­nyampaikan pesan damai sehingga Pilakda dapat berjalan dengan aman dan lancar. (S-20)