AMBON, Siwalimanews – Fakultas Hukum Universitas Pattimura menggelar workshop persiapan Akreditasi  Internasional ACQUIN Program Studi S1 Ilmu Hukum.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Fakultas Hukum Unpatti bersama Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, yang berlangsung di ruang rapat Fakultas Hukum secara Hybrid, Selasa (20/8) kemarin.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja sama dan Sistem Informasi, Ruslan H S Tawari mengatakan, akreditasi internasional merupakan hal penting dalam rangka mendukung Indikator kinerja utama Perguruan Tinggi.

Untuk itu, Unpatti memberi dukungan dan mensuport upaya fakultas hukum menuju akreditasi internasional.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum, Hendrik Salmon mengapresiasi Universitas Bengkulu atas capaian akreditasi internasional ACQUIN dan Fakultas Hukum Universitas Pattimura, dengan akrediasi unggul mencoba mempersiapkan diri menuju akreditasi Internasional.

Baca Juga: 80 Sarjana Baru FPIK Unpatti di Yudisium

“Workshop yang dilakukan ini sebagai langkah awal Fakultas Hukum Unpatti menuju akreditasi internasional. Pada workshop ini kami mencoba untuk membangun diskusi dan belajar dari Universitas Bengkulu terkait dengan pengalaman, strategi dan proses penyiapan dokumen Universitas Bengkulu raih akreditasi internasional ACQUIN,”ujar Dekan.

Dekan menjelaskan, dalan rangka mempersiapkan dokumen awal, Fakultas Hukum Unpatti pada bulan September akan melakukan Benchmarking ke Universitas Bengkulu untuk memberikan satu pemahaman yang sama terkait dengan penyiapan dokumen dan belajar secara langsung, kesiapan proses mendapatkan akreditasi internasional sehingga diharapkan dalam waktu dua bulan ini FH Unpatti bisa melakukan submit dokumen dengan harapan, di Tahun 2026 FH Unpatti memiliki sertifikat akreditasi unggul dan di tahun 2028 FH Unpatti terakreditasi Internasional.

Ditempat sama, Dekan Hukum UNIB, Yamani menyambut baik kegiatan dimaksud.

Dia berharap, kolaborasi antara FH Unpatti dan FH UNIB dapat memberikan manfaat bagi keduanya khususnya FH Unpatti untuk berproses menuju akreditasi internasional dan UNIB sipa mendukung semua.proses. (S-25)