AMBON, Siwalimanews – Elizabeth Levina Souisa, psikolog yang juga analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Badan Kepegawaian Daerah Maluku ini terpilih memimpin Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Provinsi Maluku, periode 2024-2028.

Souisa terpilih dalam Musyawarah Wilayah II HIMPSI Maluku yang berlangsung di Gedung Rektorat Unpatti, Senin (29/7).

Proses itu juga diikuti oleh Pengurus Pusat HIMPSI secara virtual. Selanjutnya, Souisa dan para pengurus dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua 1 PP HIMPSI, Dr Arif Budiarto.

Usai pelantikan, Souisa kepada Siwalimames menyampaikan terima kasih atas kepercayaan baginya untuk memimpin HIMPSI Wilayah Maluku ini.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada kepengurusan HIMPSI demisioner periode 2019-2023 yangbtelah bekerja keras mengembangkan HIMPSI hingga saat ini.

Baca Juga: Rentetan Tembakan Warnai Bentrok Sesama Polisi di Tual, Mabes Turun Tangan

“Semua yang telah dilakukan untuk pengembangan HIMPSI sampai saat ini. Dan untuk kedepannya kami tentu juga membutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik untuk HIMPSI lebih maju,”tuturnya.

Dia menjelaskan, untuk Maluku sendiri, HIMPSI baru mulai berkembang pada tahun 2019 dengan kepengurusan pertama diperiode 2019-2023. Dan ini untuk musyawarah ke II HIMPSI periode 2024-2028.

Ditanya terkait program selanjutnya, Souisa mengatakan, bahwa pihaknya kedepan akan mengikuti program HIMPSI Pusat dan tetap berkolaborasi untuk menjawab semua tantangan sikologi di wilayah Maluku.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan rapat kerja untuk mendudukan program dan kegiatan yang akan kami jalankan kedepannya. Yang pastinya kami akan terus mengembangkan HIMPSI Maluku ini untuk menjwab tantangan-tantangan sikologi maupun semua tantangan masyarakat Maluku dan membangun HIMPSI lebih baik untuk Makuku yang lebih maju kedepan,”ujarnya.

Terkait kolaborasi dengan universitas, Souisa mengatakan, setelah Unpatti dan IAIN, kedepan dirinya berharap HIMPSI Wilayah Maluku dibawah kepemimpinannya, juga akan bekerjasama dengan universitas lainnya yang ada di Maluku, maupun lembaga lainnya yang diperlukan.

“Kami sudah lakukan kolaborasi, baik dengan Unpatti maupun IAIN, dan kedepan kami juga akan membangun kerjasama dengan universitas lainnya di wilayah Maluku untuk membangun sikologi yang lebih baik,”harapnya.

Diketahui, HIMPSI sendiri berdiri di Jakarta pada 11 Juli 1959 dengan nama Ikatan Sarjana Psikologi, disingkat ISPsi. Sejalan dengan perubahan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, melalui Kongres Luar Biasa tahun 1998 di Jakarta, organisasi ini berubah nama menjadi Himpunan Psikologi Indonesia, disingkat HIMPSI.

HIMPSI merupakan Induk Organisasi Profesi (IOP) Psikologi sesuai UU Pendidikan dan Layanan Psikologi nomor 23 tahun 2022. Anggota HIMPSI merupakan para profesional di bidang Psikologi, mencakup Psikolog, Sarjana Psikologi, Magister Psikologi dan Doktor Psikologi. Saat ini, HIMPSI memiliki organisasi wilayah di 34 provinsi di seluruh Indonesia dan memiliki 20 Asosiasi/Ikatan.(S-25)