AMBON, Siwalimanews – Ketua Divisi Perencanaan dan Datin, Engelbertus Dumatubun memastikan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih tuntas dilakukan.

Hal ini diungkapkan  Dumatu­bun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (24/7).

Dijelaskan, sampai dengan hari ini proses coklit tuntas dilakukan terhadap 1.329.927 pemilih yang tersebar di 3.163 TPS se-Maluku.

“Pagi ini sudah 100 persen coklit di Maluku,” ungkap Dumatubun.

Setelah tuntas melakukan coklit, Dumatubun memastikan tahapan berikutnya akan dilanjutkan dengan penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran oleh PPS pada 25-31 Juli  dan pleno rekapitulasi pada 1-3 Agustus.

Baca Juga: KPU Warning Caleg Terpilih Masukan LHKPN

Selanjutnya, rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemitakhiran di ting­-kat Kecamatan oleh PPK akan dilaku­kan 5-7 Agustus dan ditingkat kabupaten/kota pada 9-11 Agustus. “Penetapan DPS di tingkat Provinsi itu akan dilakukan pada 15 – 17 Agustus. Jadi dalam proses ini kita membutuhkan masukan dari semua pihak tersebut masyarakat,” jelas Dumatubun.

Ditanya terkait sejumlah temuan Bawaslu saat coklit, Dumatubun menegaskan segala bentuk masukan dan tanggapan dari semua kalangan akan menindaklanjuti sesuai regulasi.

“Masukan apapun kalau memenuhi syarat pasti akan di tindaklanjuti tapi sampai sekarang belum ada surat yg masuk di KPU Provinsi Maluku,” jelasnya. (S-20)