AMBON, Siwalimanews – DPRD Maluku dipastikan akan segera mengusulkan pelantikan pimpinan tetap periode 2024-2029.

Plh Sekretaris DPRD Maluku Fahratun Samal menjelaskan, sesuai mekanisme, maka pengusulan pelantikan pimpinan tetap DPRD harus didahului dengan paripurna pengumuman.

“Malam ini kita akan umumkan pimpinan tetap DPRD Maluku untuk selanjutnya diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Samal kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (7/10).

Menurutnya pengumuman pimpinan tetap, baru dilakukan setelah empat partai politik peraih suara terbanyak berturut-turut menyerahkan SK DPP kepada DPRD Maluku.

Keempat partai tersebut yakni, PDI Perjuangan, Nasdem, Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera.

Baca Juga: 2 November Debat Publik Paslon Bupati SBT Digelar

“PDIP mengusulkan pak Benhur sebagai Ketua DPRD, untuk wakil ketua akan diisi masing-masing Fauzan Rahawarin dari Nasdem, Johan Lewerissa dari Gerindra dan Abdullah Asis Sangkala dari PKS,” bebernya.

Samal memastikan, pelantikan pimpinan tetap DPRD Maluku akan menunggu surat keputusan Mendagri, karenanya semua tugas akan dilakukan pimpinan sementara.

“Soal waktu kapan dilantik, kami belum bisa pastikan karena masih menunggu SK Mendagri. Makanya kita segera surati pihak Kemendagri untuk dapat SK.  Kalau sudah ada SK, (baru) bisa dilantik,” tandas Samal.(S-20)