AMBON, Siwalimanews – Pasca dilantik sebagai Penjabat Walikota Ambon pada, Jumat (24/5) malam, Dominggus Kaya diminta untuk menata tata birokrasi Pemerintah Kota Ambon.

Permintaan ini disampaikan anggota DPRD Kota Ambon Mourits Tamaela, kepada Wartawan, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (27/5).

Politisi Nasdem ini mengatakan, ada berbagai aspek kondisi yang harus ditangani dan ini menjadi sorotan publik.

“Ambon hari ini membutuhkan sentuhan real tangan dingin dari seorang pimpinan. Untuk itu kiranya pak Boy dapat mendedikasikan pengalamannya dari seorang birokrasi murni untuk Ambon yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurutnya, ada berbagai hal yang harus menjadi konsentrasi Penjabat Walikota Ambon, mulai dari pelayanan publik hingga penataan birokrasi.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim, Watubun Ingatkan Warga Waspada Bencana

“Pelayanan publik misalnya persoalan sampah yang masih menjadi masalah klasik di Kota Ambon, masalah air bersih, kemacetan dan lain sebagainya. Kemudian untuk penataan birokrasi, penjabat harus mampu menempatkan orang sesuai dengan posisi dan jabatan di lingkup birokrasi Pemkot Ambon, bukan karena persoalan suka atau tidak suka,”cetusnya.

Selain itu kata Tamaela, Kaya juga harus memaksimalkan tugas dan fungsi ASN dalam pelayanan publik dan tugas-tugas birokrasi. Dengan pengalaman birokrasi yang dimiliki, dirinya berharap, semuanya dapat dipenuhi.

“Harapan kami, kalaupun ada kekurangan yang ditinggalkan penjabat sebelumnya, pak Boy bisa menutupi itu. Artinya, yang kurang baik itu diperbaiki dan yang sudah baik dilanjutkan, bahkan ditingkatkan. Kami berharap dapat memberikan perubahan untuk Ambon yang lebih baik kedepan,” harapnya.(S-25)