AMBON, Siwalimanews – Kendati Provinsi Maluku telah memasuki usia 79 tahun, namun masyarakat belum seluruhnya merasakan sentuhan pembangunan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Aziz Sangkala dalam sambutannya pada paripurna istimewa dalam rangka HUT ke-79 Provinsi Maluku yang berlangsung di ruang paripurna DPRD Maluku, Senin (19/8).

Sangkala mengaku, hingga diusia ke-79 tahun terdapat begitu banyak dinamika yang terjadi antara eksekutif dan legislatif tetapi semuanya merupakan wujud demokrasi di negeri ini.

DPRD Maluku sebagai representasi masyarakat Maluku memiliki tugas dan tanggung jawab untuk terus melakukan pengawasan, menyuarakan aspirasi dari rakyat Maluku dalam pelaksanaan pembangunan di Maluku

Bahkan sampai saat ini, Maluku masih dihadapkan dengan banyak permasalahan kemasyarakatan yang membutuhkan perhatian keseriusan kedepannya.

Baca Juga: Songsong HUT MA, Lembaga Peradilan di Ambon Gelar Jalan Sehat

“Kondisi terkini Maluku memang sudah banyak tersentuh dengan pembangunan fasilitas umum untuk menunjang kehidupan masyarakat dan pelayanan di berbagai sektor, namun masyarakat masih banyak  merasakan belum tersentuhnya pembangunan di berbagai sektor,” ungkap Sangkala.

DPRD juga kata sangkala, melihat masih banyak kehidupan masyarakat yang tidak layak dan masih berada diambang kemiskinan.

Kondisi ini masih dirasakan sebagian masyarakat Maluku yang hidup jauh dari pusat pemerintahan dan perekonomian, seperti di daerah-daerah pedalaman, pulau-pulau terluar dan daerah-daerah perbatasan.

“Sudah waktunya kita untuk lebih memperhatikan mereka dengan intervensi program pembangunan secara terintegrasi antara pemda dan pemerintah pusat, sehingga dapat membawa mereka keluar dari keterisolasian, keterbelakangan dan kemiskinan,” tandas Sangkala.

Oleh karena itu, momentum peringatan HUT Provinsi ke-79, DPRD mengajak pemda dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama memperjuangkan suara masyarakat, baik itu ke pemerintah pusat maupun juga dalam konteks koordinasi dan sinkronisasi di daerah.

Atas nama rakyat Maluku, DPRD juga meminta perhatian lebih dari pemerintah pusat agar kedepannya Maluku menjadi daerah yang diprioritaskan dalam pembangunan, sehingga sebagian permasalahan yang kita sebutkan dapat terselesaikan.

“Pada momentum peringatan HUT provinsi, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada Pj gubernur dan seluruh jajaran pemerintah provinsi serta kabupaten/kota yang selalu berupaya untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pada setiap wilayah, sehingga memungkinkan rakyat Maluku untuk menikmati kemajuan pembangunan,” pungkasnya.(S-20)