AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Asis Sangkala, mengingatkan Pemerintah Provinsi Maluku khususnya Dinas Perhubungan, untuk memastikan keselamatan pelayaran selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Pasalnya, pasca kebijakan pemerintah pusat yang melonggarkan arus mudik tahun 2022, sudah tentu akan berdampak pada arus mudik lebaran yang akan mengalami peningkatan, dengan menggunakan berbagai armada laut.

Peningkatan penumpang arus mudik ini harus didukung dengan pengawasan yang lebih ketat dari otoritas perhubungan, termasuk Dinas Perhubungan sebagai lidding sektor yang menangani semua jenis pelayaran.

“Kami mengingatkan Dinas Perhubungan baik Maluku maupun kabupaten/kota untuk tetap menjaga keselamatan dari seluruh masyarakat yang hendak melakukan arus mudik lebaran,” pinta Sangkala kepada Siwalimanews di Ambon, Sabtu (30/4).

Menurutnya, pihak Dinas Perhubungan dan ASDP harus mengawasi kapasitas muat dari setiap armada, sebab ditakutkan ketika arus mudik dan kebutuhan masyarakat meningkat, pihak armada seenaknya mengangkut penumpang melebihi kapasitas muat.

Baca Juga: Wabup Aru Resmikan Pasar Rakyat Dobo

Hal ini mesti diawasi secara ketat sebab pengangkutan penumpang melebihi kapasitas kapal akan sangat mengancam keselamatan masyarakat ketika cuaca tiba-tiba berubah dan akan mengganggu pelayaran di laut.

“Kita tidak tahu kondisi laut, tetapi tetap keamanan dijaga, jangan mengangkut lebih dari kapasitas yang ditetapkan, karena sangat mengancam kalau kemudian terjadi ganggu dilaut,” tandasnya.

Selain itu, Sangkala juga mengingatkan pihak Syahbandar pada setiap pelabuhan untuk memperhatikan fasilitas pelayaran, terutama rompi pelampung, agar ketika terjadi gangguan di laut, maka penumpang dapat dievakuasi dengan baik tanpa merugikan siapapun. (S-20)