AMBON, Siwalimanews – Menjelang perayaan HUT ke-449, Pemerintah Kota Ambon menggelar doa bersama, Senin (2/9).

Doa bersama yang digelar Pemkot Ambon berlangsung di dua tempat berbeda. Untuk yang beragama Kristen berlangsung di Gereja Mara­natha dan yang beragama islam di Gedung Ashari.

Penjabat Walikota Ambon, Domi­ng­gus Kaya, Sekot Agus Ririmasse bersama pimpinan OPD juga hadir dalam doa bersama yang berlang­sung di dua tempat tersebut.

Di Gereja Maranatha doa bersama menjelang perayaan HUT-449 Kota Ambon dipimpin pendeta Elifas Maspaitella.

Dalam khotbahnya Maspaitella menyampaikan, doa bersama meru­pakan momentum kudus sekaligus sebagai ritual hari ulang tahun kota Ambon.

Baca Juga: Miris, 4 Tahun Jasa Covid RS Haulussy Belum Diterima

Menurutnya, ada tanggungjawab besar baik sebagai pemimpin kota maupun seluruh ASN ketika meng­gapai HUT Kota itu sendiri.

“Yang mana kita memiliki tang­gungjawab bersama untuk melayani masyarakat serta memajukan kota ini sehingga semakin maju kedepan,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal itu maka diperlukan koordinasi antara seluruh jajaran baik dari pimpinan hingga staf yang paling bawah dalam menyelenggarakan program-program pemerintah.

Lanjutnya, tidak bisa dipungkiri, ada berbagai macam tantangan yang mesti dihadapi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam mewujudkan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan.

“Diperlukan komitmen yang mesti dimulai dari diri sendiri untuk bagaimana kita bisa memperbaiki diri sehingga kinerja kita juga bisa menjadi lebih baik. Dengan demikian maka ketika membangun hubungan dengan sesama demi kepentingan kota, maka hal itu akan terwujud,” tandasnya.

Sementara itu doa bersama untuk yang beragama Islam dipimpin Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo.

Dalam tasyahnya, ia mengatakan mengatakan para pejabat dan ASN memiliki tanggungjawab besar dalam menjalankan roda pemerintahan. Yang mana berbagai langkah yang dilakukan, berkaitan dengan kemajuan kota Ambon di usia yang ke-449.

“Sebagai pimpinan dan juga ASN harus tahu betul apa tugas dan tanggungjawab yang mesti dilakukan untuk bisa membuat kota ini semakin baik kedepannya,” kata Latuapo.

Untuk itu, ia berharap agar seluruh ASN dan pejabat dilingkup pemkot mesti berkomitmen sehingga dalam menjalankan tiap tugas yang diberikan, bisa terwujud.

Sementara itu Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya mengajak seluruh warga kota untuk turut mendoakan kota ini ke depan sehingga berbagai langkah dan tindakan yang dilakukan, dapat terlindung dalam penyertaan Tuhan Yang Maha Esa. “Saya mengajak kita semua untuk terus mendoakan kota ini,” ujar Walikota.

Santuni Anak Yatim

Menjelang perayaan HUT ke 449, Pemerintah Kota Ambon menyantuni anak yatim piatu piatu yang masih duduk di bangku sekolah.

Bantuan perlengkapan sekolah diserahkan oleh Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya kepada perwakilan 50 anak yatim piatu di sela-sela kegiatan doa bersama secara Islam di Gedung Ashari, Senin (2/9).

Tidak hanya itu, Pemkot Ambon juga menyerahkan 50 paket sem­-bako kepada Mustahiq yang bera­sal dari Baznas Kota Ambon. (S-29)