AMBON, Siwalimanews – Dinas Kesehatan Kota Ambon menerima penghargaan dalam pengelolaan vaksin melalui aplikasi SMILE tahun 2023-2024 untuk Regional Timur dari Kementerian Kesehatan.

Penghargaan diberikan oleh Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alkes, Kemenkes Lucia Rizka Andalusia kepada  Kepala UPTD Pengelolaan Obat, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Ambon, Hency Kotalewala, dalam Forum Nusantara Farmasi dan Alkes Tahun 2024, yang digelar di Yogyakarta, Selasa (4/6).

Kepala UPTD Pengelolaan Obat, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Ambon Hency Kotalewala dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (5/6) mengaku, penghargaan yang diterima atas penulanaan dari Kemenkes dalam pengelolaan vaksin selama pandemi berlangsung.

“Dinas Kesehatan Kota Ambon secara khusus diberikan penghargaan sebab dari penilaian Kemenkes, menjadi pengelola vaksin terbaik di antara kabupaten kota lainya di wilayah Indonesia Timur, lewat aplikasi SMILE.,” jelasnya

Penilaian yang dilakukan Kemenkes kata Hency, meliputi tiga kategori wilayah baik barat, tengah dan timur Indonesia.

Baca Juga: Menteri KKP Tinjau PPP Dobo dan Pelabuhan Perikanan Benjina

Untuk wilayah timur Indonesia, Kota Ambon yang diberikan apresiasi, karena dinilai berhasil dalam pengelolaan aplikasi tersebut, meliputi bagaimana perencanaan, penyimpanan, pencatatan, distribusi, sampai pada pelaporan, semuanya dilakukan lewat aplikasi SMILE.

“Tentunya ini menjadi motivasi bagi kita, dimana sesuatu yang sudah sangat baik, dapat dilanjutkan dan ditingkatkan, sehingga harapan semua kesehatan penduduk kota Ambon dan khususnya bayi dan balita yang dilayani vaksin dapat terus terjaga dan ditingkatkan ke depan,” tandasnya.

Ditambahkan, aplikasi ini mencatat aktivitas pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Seiring berjalannya waktu, semua aktivitas vaksin tercatat melalui aplikasi ini, termasuk didalamnya vaksin untuk pemeliharaan kesehatan bayi dan balita yang jumlahnya cukup banyak.(S-29)