TIAKUR, Siwalimanews – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maluku Barat Daya, berencana melaksanakan kegiatan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial.

“Tahun ini ada rencana kegiatan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial,” kata Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan MBD, Novalina Maluku, kepada wartawan, di Kantornya kemarin.

Kegiatan itu juga di pusatkan di desa Werwaru, Kecamatan Moa dan di desa Watuwei, Kecamatan Dawelor Dawera.

“Kegiatan ini selain untuk meningkatkan minat baca, dengan membaca dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, urainya.

Dijelaskan di Desa Werwaru itu hasilnya kacang tanah, jadi mungkin pihaknya langsung memberikan pelatihan bisa dipraktekan dan bisa menghasilkan dan menambah ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Tak Kapok, Residivis Narkoba ini Kembali Jalani Sidang

Sedangkan kalau di Desa Watuwei di Kecamatan Dawelor Dawera ini kan banyak ikan dari laut sehingga direncanakan juga membuat abon ikan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada kemauan dari masyarakat sehingga dapat mengembangkan ekonomi ditengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Selain itu, lanjutnya kegiatan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial di dua Desa tersebut itu akan juga melibatkan ketua-ketua PKK dari masing-masing desa.

Di MBD udah ada Perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah, perpustakaan desa dan perpustakaan khusus. Selain itu pihaknya juga selalu melaksanakan perpustakaan keliling dengan mobil keliling di sekolah-sekolah. (S-28)