PIRU, Siwalimanews – Penjabat Bupati Sram Bagian Barat Achmad Jais Elly, meninjau infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak, di Kecamatan Huamual, Selasa (18/6).

Dalam peninjauan itu, bupati didampingi Ketua DPRD Abd Rasyid Lisaholith, sekda, Camat Huamual dan beberapa pimpinan OPD, yang bertujuan untuk memastikan tingkat kerusakan dari infrastruktur jalan dan jembatan.

Saat melihat kondisi infrastruktur yang rusak, bupati kemudian memerintahkan Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR untuk mengatasi persoalan kerusakan tersebut.

Selain mengatasi kerusakan bupati juga meminta agar memperbaiki beberapa jembatan kecil yang masih menggunakan batang kepala yang sudah rusak parah agar diperbaiki dan tata dengan baik.

“Jembatan kecil yang pakai batang kepala yang rusak parah, segera perbaiki hari ini juga agar masyarakat  yang beraktivitas sehari-hari dapat melintas dengan baik dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan,” pinta bupati.

Baca Juga: Kantor Agama Tanimbar tak Bayar Gaji Pegawai yang Pindah ke MBD

Sedangkan untuk jembatan berukuran besar di Huamual yang mengalami kerusakan berat, salah satunya di Desa Luhu dan Dusun Ani akan diperbaiki juga, karena dikhawatirkan saat hujan deras, jembatan-jembatan tersebut bisa roboh dan dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

“Bagaimana daerah mau maju kalau infrastruktur jalan dan jembatan tidak dibangun? Dengan perbaikan jalan dan jembatan, maka perekonomian masyarakat bisa berkembang dan maju,” ucap bupati.

Menurut bupati, dengan kerusakan saat ini, maka pemerintah daerah akan memperbaikinya secara perlahan lahan dengan cara menimbun atau mengerok pasir atau lumpur yang menutupi jalan, serta memperluasnya, sehingga tidak menggangu aktivitas masyarakat.

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar  berhati-hati saat melewati jalan dan jembatan yang rusak, sebab ditakutkan jika tak berhati-hati, maka akan terjadi kecelakaan.

“Untuk infrastruktur jalan Huamual dalam waktu dekat akan dikerjakan melalui dana Inpres sebesar Rp40 miliiar, karena dananya sudah ada, hanya menunggu dikerjakan, mulai dari Dusun Tanah Goyang hingga Desa Lokki,” tandas bupati.

Sedangkan untuk jalan menuju Lokki ke Luhu tambah bupati, dirinya akan bersama-sama dengan sekda mencari solusinya, sehingga jalan menuju Lokki ke Luhu juga dapat dikerjakan. Olehnya itu ia minta dukungan dan doa dari masyarakat Huamual agar apa yang nanti diperjuangkan pemkab dapat terwujud secepatnya.(S-18)