PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat, Timotius Akerina melantik Leverne A. Tuasuun sebagai  Sekertaris daerah (Sekda) mengantikan Mansur Tuharea karena terjerat kasus tindak pidana korupsi.

Proses pelantikan Tuasuun menjabat Sekda definitif oleh Bupati Timotius ini merupakan tindak lanjut hasil seleksi pada bulan April 2022, yang ber­lang­sung di aula Lantai III Kantor Bupati SBB, Senin (9/5).

Bupati mengharapkan, Tua­suun sebagai Sekda SBB da­pat memberikan yang terbaik bagi kabupaten berjulukan Saka Mese Nusa ini.

“Saya mengharapkan de­ngan dilantiknya Sekda dapat memberikan yang terbaik bagi daerah ini, serta membangun komunikasi dengan Penjabat Bupati secara baik. Hal ini agar proyek pembangunan daerah berjalan sesuai harapan kita,” ungkap bupati kepada wartawan usai pelantikan tersebut.

Bupati mengakui, disisa masa jabatannya bersama almarhum H Moh Yasin Payapo banyak hal yang sudah dilakukan termasuk peng­usulan Sekda SBB yang telah resmi dilantik.

Meskipun demikian, lanjut dia, masih banyak program pemba­ngunan yang belum sempat dise­lesaikan, namun berbagai torobo­san untuk membangun SBB me­lalui program-program pembangu­nan telah dimasukan dalam Musrembang Provinsi Maluku untuk diselesaikan tahun 2022.

Untuk itu, katanya, jabatan Sekda yang baru saja diLantik mampu membangun hubungan kemitraan yang baik bersama stekholder, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh agama dan serta penjabat bupati dalam me­lanjutkan program pemerintahan.

“Sebagai pemerintah daerah, saya menyampaikan ucapan sela­mat dan sukses kepada pejabat yang baru saja dilantik selaku Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah,” tuturnya.

Menurutnya, peran seorang Sekda tidak hanya mengemban langkah konsolidasi secara internal, namun juga harus mampu menangkap denyut dan psikologis masyarakat.

Bupati mengingatkan bahwa dalam bekerja tidak hanya me­ngandalkan kecerdasan individual dan kemampuan intelektual, tetapi harus bekerja dengan mata hati.

“Harapan saya, saudara memiliki tanggung jawab, saudara memiliki amanah, dan saudara sudah bersumpah dihadapan Tuhan yang menciptakan saudara, maka pegang amanah itu, pegang sumpah janji itu, dapat untuk menjadi teladan, menjadi contoh, memiliki disiplin, dedikasi dan tanggung jawab,”ucapnya.

Bupati berharap, sekda lebih meningkatkan produktivitas kerja, yang lebih baik dan maksimal.

“Mari kita bawa dan kita jayakan SBB sesuai moto kabupaten,” harapnya.

Selain itu,  Sekda Leverne .A.Tuasuun mengatakan, langkah awal yang harus dirinya lakukan ialah, membenahi birokrasi pemerintahan agar berjalan lebih baik kedepannya,

Oleh sebab itu, Tuasun meminta dukungan dan doa dari masyarakat untuk dapat melanjutkan program pemerintah sesuai dengan moto SBB saat ini yaitu “Kasi Bae SBB”. (S-18)