AMBON, Siwalimanews – PT Smart Cakrawala Aviation terpilih untuk menjalankan program penerbangan subsidi angkutan udara perintis penumpang, untuk koordinator wilayah Langgur tahun 2024 oleh Kementerian Perhubungan, melalui Ditjen Perhubungan Udara.

Perusahaan ini telah menandatangani kontrak subsidi angkutan udara perintis penumpang untuk 11 rute Korwil Langgur, Senin (3/6). Bandara Pattimura Ambon juga, turut berperan dalam 3 rute penerbangan subsidi angkutan udara perintis dari 11 rute yang ada.

Ketiga rute tersebut masing masing Ambon – Banda Neira,  Ambon – Wahai dan Ambon – Kisar, yang masing masingnya pulang – pergi, 2 kali seminggu.

“PT Smart Cakrawala Aviation yang telah dipilih sebagai maskapai yang menangani rute-rute penerbangan ini. Maskapai tersebut akan menggunakan pesawat single engine jenis Cessna Caravan C208B yang memiliki kapasitas 12 penumpang,” jelas General Manager Bandara Pattimura Ambon, Shively Sanssouci kepada wartawan di Ambon, Kamis (6/6)

Program penerbangan subsidi perintis ini kata dia, bertujuan untuk meningkatkan akses konektivitas bagi masyarakat Maluku, terutama di wilayah-wilayah tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan. Dengan adanya program ini, diharapkan Pemprov Maluku dapat memanfaatkan penerbangan subsidi dari pemerintah ini dengan menjamin keterisian penumpang 100 persen, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Maluku.

Baca Juga: Sekot Beri Santunan bagi Keluarga Korban Hanyut

“Dengan adanya penerbangan perintis ini, diharapkan dapat meningkatkan minat para pengguna jasa untuk menjelajah daerah perintis kedepannya, sehingga meningkatkan antusias dan ketertarikan di sekitar Provinsi Maluku,” tuturnya.

Menurutnya, Bandara Pattimura Ambon akan terus mendukung program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat Maluku.

“Kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam setiap inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat di Maluku,”tutupnya.(S-10)