TIAKUR, Siwalimanews – Setelah Partai Perindo, kini dukungan yang sama datang dari Partai Kebangkitan Bangsa kepada pasangan incumbent Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily untuk maju dalam Pilkada Maluku Barat Daya pada 27 November nanti.

Sekertaris DPC PKB MBD Karel Helnia yang dikonfirmasi Siwalimanews, Rabu (3/7) membenarkan kalau rekomendasi PKB telah diberikan kepada pasangan Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily.

“Rekomendasi PKB diberikan kepada pasangan ini pada, Selasa 2 Juli kemarin sekitar pukul 19.00 WIB di Knator DPP PKB oleh Wakil Ketua Umum Bidang Pemenang PKB pak Jazilul Fawaid, dan disaksikan Ketua Desk Pilkada PKB Halim Iskandar dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,” jelas Karel.

Menurutnya, karena PKB telah memberikan amanah dari rakyat untuk duduk di perlemen sehingga bisa memberikan dukungan persyaratan pencalonan bupati dan wakil bupati, artinya bahwa masyarakat MBD telah memberikan kepercayaan kepada PKB amanah-amanah itu yang dititipkan kepada bakal calon yang kami berikan rekomendasi.

“Kami harap kepada bakal calon untuk melanjutkan pembangunan yang ada. Kalau ada yang kurang bisa dilanjutkan dengan hati, karena MBD adalah daerah berbudaya, maka kami mengharapkan kepada bakal calon yang telah kami berikan dukungan agar membangun dengan hati. Kami minta agar amanah rakyat kepada PKB dan kami memberikan amanah itu kepada bupati dan wakil bupati yang direkomendasikan agar membangun dengan hati sehingga daerah kita yang jauh terpencil bisa dibangun semaksimal mungkin,” pintanya.

Baca Juga: Jadi Tersangka  Korupsi, Jaksa Tahan Bendahara Sekwan MBD

Dijelaskan, yang mendaftar dan berproses di PKB secara keseluruhan di Indonesia berjumlah 3.213 dari 508 daerah dan yang sudah mendapatkan rekomendasi tahap satu atau yang bisa dibilang surat tugas ini, dari 500 daerah 216 yang sudah dapat dan berproses ditahap satu

“Jadi di keseluruhan Indonesia itu sudah 43 persen untuk rekomendasi tahap satu. Sedangkan untuk rekomendasi final atau rekomendasi final yang dipergunakan untuk mendaftar di KPU berdasarkan B1 KWK itu sudah 47 daerah termasuk MBD,” urainya.

Untuk Provinsi Maluku ada empat kabupaten/kota yang sudah mendapatkan rekomendasi final dari PKB, dimana tiga kandidat merupakan kader dari PKB, yakni Kota Tual, Buru dan Kabupaten Aru, sedangkan dari luar kader hanya baru dari Kabupaten MBD yakni Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily.(S-28)