AMBON, Siwlaimanews – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Maluku menggelar aksi donor darah yang dipusatkan di Unit Transfuri Darah PMI Cabang Ambon. Kegiatan sosial ini juga dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia, pada Selasa (11/7).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assagaf dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews menjelaskan, aksi sosial ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT BPJS ke-55, yang mana di tahun ini berlangsung dibawah sorotan tema Transformasi Mutu Layanan, Komitmen Bersama Demi Kesejahteraan Bangsa.

Aksi donor darah yang digelar k BPJS Pusat kata Assagaf, berlangsung di ballroom kantor pusat dan diikuti oleh duta BPJS Kesehatan, dengan jumlah pendonor kurang lebih 121 orang. Apa dilakukan BPJS ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, dan contoh nyata komitmen duta BPJS Kesehatan dalam membantu sesama.

“Untuk pusat, kegiatan ini diikuti jajaran direksi, termasuk direktur SDM dan Umum Andi Afdal, direktur teknologi informasi Edwin Aristiawan, serta direktur kepesertaan David Bangun. Ini menunjukkan keseriusan dan dukungan penuh BPJS Kesehatan terhadap kegiatan sosial yang positif yang berdampak nyata bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain di kantor pusat menurut Assagaf, kegiatan ini, juga dilakukan secara serentak di kantor kedeputian wilayah dan kantor cabang BPJS Kesehatan yang tersebar diseluruh Indonesia. Hal ini sebagai wujud semangat dan komitmen duta BPJS dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, yang harus dirasakan oleh setiap masyarakat di penjuru negeri, sebab aksi ini memiliki peran penting dalam dunia kesehatan.

Baca Juga: Pemkab dan KONI Buru Diminta Danai Atlet Motor Cross di Pra Pon

“Darah yang didonorkan menjadi sumber kehidupan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, seperti penderita penyakit kronis, korban kecelakaan, serta mereka yang menjalani operasi. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor darah, tetapi juga bagi para pendonor sendiri. Selain berkontribusi dalam membantu sesama, duta BPJS yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat kesehatan,” tuturnya.

Selain itu menurut Assagaf, kegiatan ini juga menjadi wujud nyata dari semangat transformasi mutu layanan, sebab BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN.

Melalui kegiatan donor darah ini, transformasi mutu layanan merupakan komitmen bersama untuk mencapai bangsa Indonesia yang semakin sehat. Kegiatan ini juga sejalan dengan program-program lain yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan, seperti penyuluhan kesehatan, kegiatan sosial, dan pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu.

“BPJS Kesehatan berharap, melalui berbagai inisiatif tersebut, mereka dapat terus memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.(S-25)