AMBON, Siwalimanews – Badan Penyelenggara Jaminan Sosia Kesehatan gencar sosialisasi program transformasi mutu layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Ini juga merupakan upaya bersama antara BPJS Kesehatan dengan provider layanan kesehatan program JKN untuk meningkatkan kualitas layanan bagi peserta JKN, khususnya di Maluku,” terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Harbu Hakim, dalam rilis yang diterima Siwalimanews, Selasa (4/6).

Menurutnya, BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan berkomitmen untuk secara bersama-sama mengimplementasikan janji layanan program JKN diseluruh fasilitas kesehatan bagi pasien JKN.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Ambon, lanjutnya, jumlah peserta JKN per Mei 2024 di Maluku, telah mencapai 97,31 persen atau sebanyak 1.849.708 jiwa.

Dengan itu, pihaknya berharap, agar setiap fasilitas kesehatan dapat mengimplementasikan janji layanan JKN yang telah terpasang di fasilitas kesehatan masing-masing.

Baca Juga: Pelantikan Pejabat PTP Pemkab SBT Tertunda

“Sekarang ini, seluruh peserta JKN aktif bisa mengakses layanan kesehatan dengan muda, asal sesuai prosedur. Cukup dengan menunjukkan KTP atau NIK di klinik pratama, puskesmas dan dokter praktek perorangan mitra BPJS Kesehatan terdekat, itu dijamin. Bahkan ketika harus dirujuk, akan dilakukan,” jelasnya.

Dia mengaku, hingga Juni 2024, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon telah bekerjasama dengan 286 fasilitas kesehatan tingkat pertama  dan 28 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut. Tidak hanya itu, BPJS juga menyediakan layanan BPJS online.

Dikatakan, ini yang merupakan salah satu kanal layanan tanpa tatap muka melalui video conference atau perangkat online untuk memfasilitasi peserta JKN yang terkendala akses atau jarak atau jaringan komunikasi data dalam mendapatkan layanan informasi maupung pengaduan terkait program JKN.

“Dengan ini, peserta JKN tidak perlu ke kantor hanya untuk layanan administrasi. Aplikasi mobile JKN sekarang juga telah dikembangkan pelayanan administrasi, cukup dengan chat, namanya program Pandawa ke nomor 08118165165 dan layanan care centre di 165,” ujarnya.(S-25)