AMBON, Siwalimanews – Bakal calon Walikota Ambon, Bodewin Watimena dan Balon Wa­wali Elly Toisuta dipastikan akan menerima rekomendasi dari DPP Partai Gerindra untuk dalam Pilkada 27 November mendatang.

Penegasan ini disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku, Hendrik Lewerissa kepada wartawan disela-sela wisuda IAIN Ambon, Rabu (31/7).

Lewerissa menjelaskan, setelah melalui rangkaian proses panjang, DPP Partai Gerindra telah memu­tuskan mendukung Bodewin Watti­mena dan Elly Toisuta sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon.

“Untuk Pilkada Kota Ambon su­dah, dan Partai Gerindra secara resmi telah merekomendasikan Bodewin Watimena dan Elly Toisuta,” ujar Lewerissa.

Kata HL, sapaan akrab Hendri Le­werissa, rekomendasi tersebut telah diserahkan DPP langsung kepada Bodewin Watimena di Jakarta tadi malam.

Baca Juga: HL-RU ke Pilkada Maluku, Rumor Rekom Golkar Beredar

“Tadi malam sudah diserahkan DPP langsung kepada yang bersa­ng­kutan,” ujar Lewerissa.

Lewerissa memastikan dengan diberikan rekomendasi maka jajaran partai Gerindra akan all out memenangkan pasangan yang diusung.

Terkait hal ini, Wattimena yang dikonfirmasi via telepon selulernya, Rabu (31/7) membenarkan bahwa dalam waktu dekat, dirinya bersama Toisutta akan menerima reko­mendasi dari partai Gerindra.

“Ini kita balik dari Jakarta dulu baru diserahkan. Informasi tadi malam dari Ketua DPD Gerindra, pak Hendrik Lewerissa bahwa rekomen­dasi sudah ada, tinggal diserahkan di Ambon nanti dalam waktu de­kat,”ujar Wattimena.

Terkait balon wakilnya, Watti­mena menegaskan tetap konsisten berpasangan dengan Ketua DPRD Kota Ambon itu dalam Pilwalkot 27 November mendatang. Apalagi, keduanya telah mengantongi reko­mendasi dari partai Nasdem.

“Karena pemimpin itu harus komitmen, untuk itu saya akan tetap berpasangan dengan ibu Ely. Saya konsisten terhadap apa yang telah diputuskan. Jadi soal pasangan itu sudah pasti,”tandasnya.

Mandat di Buru

Sedangkan untuk Kabupaten Buru, DPP Partai Gerindra memberi rekomendasi kepada Daniel Rigan dan dr Harjo Udanto Abukasmi untuk maju bertarung di Pilkada Buru November 2024 nanti.

Keterangan yang berhasil dihim­pun, Rabu (31/7) menyebutkan rekomendasi kepada Daniel Rigan dan dr Harjo Udanto Abukasim itu diteken langsung oleh dua Ketum DPP Partai Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Sekjen   H Ahmad Muzani tertanggal melalui surat

Nomor — G7 – 1156 /Rekom/DPP-GERINDRA/2024, tertanggal 29 Juli 2024.

Mengutip isi surat yang beredar luas melalui pesan WA sejak Selasa malam, di situ tertulis, kalau

Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya (DPP Partai Gerindra) menyetujui dan mereko­mendasikan Daniel Rigan sebagai bakal calon Bupati dan dr. Harjo Udanto Abukasim sebagai bakal caion Wakil Bupati Buru.

Selanjutnya kedua Paslon yang populer dengan tagline MANDAT ini ditugaskan oleh DPP Partai Gerindra untuk melaksanakan hai-hai sebagai benkut:

  1. Berkoordinasi dengan peng­urus DPD DPC, PAC dan pimpinan ranting Partai Gerindra untuk me­nyusun dan melaksanakan kerja pemenangan di wilayah penugasan. 2. Melaksanakan kerja terukur untuk meningkatkan populantas dan elektabilitas calon kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah dari Partai Gerinda.
  2. Melengkapi partai koalisi untuk memenuhi persyaratan minimal kursi DPRD.
  3. Bersedia menaati manifesto perjuangan, AD/ART dan arahan Partai Gerinda.
  4. Jika kelengkapan partai koaiisi tidak dapat dipenuti hingga batas waktu yang ditentukan, maka DPP Partai Gerindra akan mengevaluasi rekomendasi ini.

Sekertaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Buru, Mustafa Umasugi yang dihubungi Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (31/87) pagi tadi membenarkan isi surat rekomendasi yang telah beredar luas melalui pesan WA itu.

Ia tidak menampik ada yang memfoto dan men-share bocoran surat tersebut seraya menyebut tiga nama.

Menurut Mustafa, secara fisik su­rat rekomendasi masih belum dise­rahkan kepada pasangan  MANDAT.

Surat itu telah diambil Ketua DPD Partai Gerindra Maluku , Hendrik Lewerissa dari DPP dan diserahkan kepada Ketua dan Sekertaris DPC Partai Gerindra Buru dengan pesan penyerahannya akan dilakukan di Ambon. ‘Suratnya ada di kami. Esok balik ke Ambon dan baru diserahkan kepada Daniel dan dr Danto,”jelas Mustafa. (S-20/S-15)