AMBON, Siwalimanews – Teka-teki siapa yang bakal men­dapatkan restu presiden terpilih Prabowo Subianto yang juga sebagai ketua Umum Partai Gerindra untuk maju dalam pilkada Kota Ambon bakal terjawab dalam waktu dekat.

Mantan Pejabat Walikota Ambon periode 2022-2024, Bodewin Watti­mena dikabarkan bakal mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Ge­rindra.

Sumber Siwalima di DPD Partai Gerindra, mengaku proses pem­bahasan terkait dengan siapa yang akan direkomendasikan untuk Pilkada Kota Ambon telah tuntas.

“Untuk calon walikota Ambon sudah tuntas dibahas dan menge­rucut ke pak Bodewin,” ungkap sumber kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (22/7).

Sumber yang meminta namanya enggan dikorankan ini menjelaskan dalam  penentuan rekomendasi pilkada Kota Ambon menjadi kewenangan DPP, namun DPP juga telah mendengar masukan baik dari DPD Gerindra Maluku maupun DPC Kota Ambon.

Baca Juga: KPU Warning Caleg Terpilih Masukan LHKPN

Menurutnya, saat ini rekomendasi untuk Walikota Ambon telah selesai diteken Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

“Infomasinya pak sekjen sudah selesai teken, tinggal menunggu pak Prabowo saja,” ujar sumber ter­sebut.

Sumber ini pun meminta masya­rakat untuk bersabar sampai dengan penyerahan rekomendasi yang diagendakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

Surat Tugas dari Demokrat

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, melalui  DPC Kota Ambon, memberikan surat tugas kepada bakal calon Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Penyerahan surat tugas ber­tepatan dengan berakhirnya masa jabatan Bodewin Wattimena sebagai Penjabat Walikota Ambon, Jumat (24/5).

Surat tugas diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penjaringan bakal calon Walikota-Wakil Walikota Ambon Fembry Tuanakotta, di depan Gong Perdamaian Ambon.

“Hari ini, tepat beliau (Bodewin Wattimena) mengakhiri masa jabatan sebagai Pj Walikota Ambon, dan kami Partai Demokrat menginginkan beliau untuk tetap melanjutkan perjuangan dalam kontestasi poltik November 2024 mendatang. Hari ini,  Gong Perda­maian jadi tempat awal kami memu­lai perjuangan, dan kami meyakini bahwa tagline “Ambon Par Samua” akan menjadi berkat bagi masya­rakat Kota Ambon,”ujarnya.

Setelah menerima surat tugas tersebut, Wattimena menyatakan siap bertarung di Pilkada Kota Ambon nanti.

“Ini akan menjadi komitmen saya untuk berjuang mendapatkan rekomendasi Partai Demokrat dan partai-partai lain. Dan saya siap berkontestasi di Pilkada November mendatang,” ucap Wattimena

Selain dari Demokrat, mantan Pj Walikota Ambon ini juga sudah menerima telah menerima surat tugas daru NasDem,

Surat rekomendasi bernomor 234-SI/RP/BPP-NasDem/VI/2024 itu diserahkan langsung oleh Wakil Sekjen DPP Partai NasDem, Jakfar Sidik didampingi sejumlah pengurus DPP Partai NasDem, di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Hadir pula pada kesempatan tersebut Ketua DPW NasDem Maluku, Hamdani Laturua, dan Ketua DPD NasDem Kota Ambon, Mourits Librecht Tamaela.

Selain itu Wattimena juga men­dapatkan surat tugas dari PKB. Surat tugas diserahkan oleh Sekretaris DPW PKB Maluku, Facrudin Hayato didampingi Ketua DPC PKB di Sekretariat DPP, Jalan Raden Saleh Jakarta Pusat, Minggu (20/6).(S-20)