AMBON, Siwalimanews – Bhabinkamtibmas Desa Luhu­tuban, Polsek Manipa, Seram Bagian Barat Bripka Safrijal menjadi sosok inspiratif kepada lewat aksi kepedulian terhadap lingkungan.

Guna mengurangi sampah plastik di lingkungan masyarakat ia mengajak, para pelajar di SD Al-Hilal, Dusun Namae dan SD Negeri Dusun Pasir Putih, Kecamatan Manipa, untuk bagaimana cara mengolah sampah plastik menjadi bantal ramah lingkungan.

Bripka Safrijal mengaku, bantal ramah lingkungan adalah salah satu cara untuk dapat mengurangi sampah plastik sachet, multilayer yang semakin banyak berserakkan.

“Itu dikarenakan sampah plastik jenis sachet butuh waktu 80 sampai 100 tahun untuk dapat terurai bahkan bisa sampai 200 tahun,” ujarnya dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Selasa (23/7)

Untuk itu ia memberikan kontribusi dengan ikut mengurangi sampah plastik dan memberikan pemahaman sejak dini kepada siswa SD.

Baca Juga: GMKI Demo Desak Tangkap Eks Camat Taniwel Timur

Sampah-sampah plastik yang dikumpulkan, kemudian dibersihkan dan keringkan. Sampah tersebut digunting kecil-kecil dan dibungkus plastik bening. Selanjutnya dijahit dengan menggunakan ukuran bantal sofa yang siap digunakan.

“cara ini merupakan satu contoh dari sekian banyak cara untuk menekan atau mengolah sampah dengan baik sehingga kelestarian lingkungan terutama di daerah pesisir terjaga dalam jangka panjang,” ucapnya. (S-10)