AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon kembali menggelar Gerakan Pangan Murah yang akan berlangsung di kawasan Pelabuhan Enrico, Jalan Pantai Mardika, Selasa (20/8).

Gerakan Pangan Murah yang telah digelar sejak bulan Juli lalu, kini sudah yang ke 7 kalinya digelar. Yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan satu kali dalam seminggu yaitu pada hari Selasa pukul 07.30 WIT hingga selesai.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon Ronald Lekransy mengatakan, tujuan digelarnya pangan murah atau pasar murah tersebut, yakni untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan bagi warga di Kota Ambon.

“Ini merupakan salah satu implementasi strategi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dengan menjaga daya beli masyarakat tetap terjangkau atas kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan harga,” ungkap Lekransy kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Senin (19/8)

Ia mengaku, intervensi ini akan dikoordinasikan oleh OPD teknis dengan menjual bahan kebutuhan pangan yang lebih murah, dibandingkan harga pasar, seeperti, beras premium dijual Rp65 ribu/5 kg, Beras SPHP Rp61 ribu/5 kg, telur ayam Rp55 ribu/rak, minyak goreng Rp14 ribu/liter, Bawang Merah Rp22 ribu/kg, Bawang Putih Rp35 ribu/kg, sayur Sawi/Bayam/Kangkung Rp6 ribu/ikat, cabe keriting Rp35 ribu/kg, cabe rawit Rp40 ribu/kg, Ikan Rp15 ribu/kg/tumpukan, dan gula pasir Rp16 ribu/kg.

Baca Juga: Pemkab Aru Raih Penghargaan UHC

Untuk itu, masyarakat diharapkan memperoleh manfaat melalui Gerakan Pangan Murah ini, karena ada upaya  stabilitas pasokan dan harga pangan.

“Pemkot, terus mengupayakan agar kegiatan ini berlangsung  secara berkelanjutan,” ucapnya.

Ia menandaskan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ambon terus berkoordinasi dengan semua pihak, sehingga ketersediaan dan harga pangan tetap terkendali.(S-29)