AMBON, Siwalimanews – Bawaslu Kota Ambon untuk kesekian kalinya mengingatkan para ASN di Lingkup Pemkot Ambonagar tetap menjaga netralitas mereka.

Hal ini perlu diingatkan, lantaran, dua kandidat calon walikota merupakan birokrat yang pernah bertugas di Lingkup Pemkot Ambon,

“Hari ini Bawaslu audens dengan Pj Walikota untuk bahas beberapa hal penting, diantaranya kita minta pemkot jaga netralitas ASNnya, terutama selama masa tahapan pilkada ini berlangsung,” jelas Ketua Bawaslu Kota Ambon Alberth J Talabessy kepada Siwalimanews usai audens dengan Pj Walikota Dominggus Kaya di Balai Kota, Selasa (10/9).

Selain itu kata Takabessy, dalam audens itu, pihaknya juga mengkonfirmasi terkait kehadiran Pj Walikota dan Plh Sekot dalam Rakornas Bawaslu RI, sehubungan dengan kegiatan kesiapan kepala daerah menjaga netrlitas ASN dalam pilkada serentak nanti.

“Kita juga minta pemkot bantu KPU dalam menentukan titik lokasi pemasangan APK, sekaligus meminta dukungan Satpol PP dalam hal penertiban APK yang dipasang bukan pada tempatnya, atau pada tempat-tempat yang dilarang,” ucapnya.

Baca Juga: Sidak Sejumlah Satker, Ini Arahan Wakapolda

Tidak hanya itu, Bawaslu juga memastikan bersama Pemerintah Kota, bahwa nama-nama anggota DPRD yang akan dilantik besok, sesuai hasil Pileg Februari 2024 lalu.

PJ Walikota Ambpn Dominggus Kaya, mengapresiasi pertemuan dimaksud dan berjanji akan menjaga netralitas ASNnya.

“Kami akan terus memantau, kami juga akan membentuk tim pemantau ASN yang nanti akan bekerjasama dengan Bawaslu. ASN yang terlibat politik praktis, maka akan ditindak. Untuk hal lainnya, akan disesuaikan agenda dan komunikasi,” ucap walikota.

Diketahui, dalam pertemuan itu, Ketua Bawaslu didampingi Kordiv HP2H Bawaslu Kota Ambon, Reinaldo C Pattisina. Sementara PJ Walikota Ambon, didampingi Plh Sekot, Kepala Inspektorat, Kepala BKD SDM dan Kabag Kesbangpol.(S-25)