AMBON, Siwalimanews – Badan Pengawas Pemilu mengingatkan kepada seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Ambon agar netral saat pemilu nanti.

Betapa tidak, yang akan bertarung di Pilwalkot nanti dua eks pejabat tinggi yakni Bodewin Wattimena (penjabat walikota) dan Agus Ririmasse (sekretaris kota).

“ASN lingkup Pemerintah Kota agar tetap pada koridornya, yakni menjaga netralitas,” tegas Ketua Bawaslu Kota Ambon, Alberth J Talabessy ketika melakukan audiensi dengan Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya dan staf di Balai Kota, Selasa (10/9).

Selain netralitas ASN dalam Pilkada, dalam audiens tersebut juga dibahas terkait dengan kesiapan pemerintah dalam membantu penyelenggara mensukseskan pemilu serentak nanti.

Selain itu juga terkait dengan pemasangan alat peraga kampanye oleh pasangan calon maupun partai pengusung dan pendukung.

Baca Juga: Pasangan ‘BERSAMA’ Didukung Masyarakat Luhu

“Kita meminta pemkot membantu KPU dalam menentukan titik lokasi pemasangan APK dan Satpol PP dalam hal penertiban APK yang dipasang bukan pada tempatnya, atau pada tempat-tempat yang dilarang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Bawaslu juga memastikan nama-nama anggota DPRD Kota Ambon yang akan dilantik pada 11 September  sesuai hasil Pileg Februari 2024 lalu.

Sementara itu Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya memas­tikan pihaknya tetap akan menjaga netralitas selama pemilu berlangsung.

“Kami akan terus memantau, kami juga akan membentuk tim pemantau ASN yang nanti akan bekerjasama dengan Bawaslu,” terang walikota.

Apabila ada aparatur yang terlibat dalam pemilu nantinya, ia berjanji akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

“ASN yang terlibat politik praktis akan ditindak. Untuk hal lainnya, akan disesuaikan sesuai agenda dan komunikasi,” janjinya.

Diketahui, dalam pertemuan itu hadir juga Kordiv HP2H Bawaslu Kota Ambon, Reinaldo C Pattisina. Pelaksana Harian Sekot Robby Sapulette dan pimpinan OPD. (S-25)