AMBON, Siwalimanews – Bawaslu Kota Ambon menggelar sosialisasi tentang Pengawasan Pilkada Serentak tahun 2024 bersama para Jurnalis di Kota Ambon.

Kegiatan berlangsung disalah satu hotel, Senin (26/8) itu menghadirkan narasumber antara lain, Ketua AJI Ambon Rere Khairiyah dan Akademisi FISIP Unpatti M Jen Latuconsina.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Ambon, Suminar Setiati Sehwaky pada kesempatan itu mengatakan, dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan pilkada, Bawaslu tentu tidak bisa berjalan sendiri.

Pasalmnya, dibutuhkan mitra kerja yang strategis, sehingga terjalin kolaborasi yang baik dalam hal pengawasan pilkada.

“Bagi kami, media massa yang paling tepat. Kita butuh itu guna terwujudnya pelaksanaan pengawasan yang efektif, dengan harapan, demokrasi ini berjalan sesuai yang diinginkan bersama,” ujar Sehwaky

Baca Juga: RSUD Haulussy Jadi Tempat Pemeriksaan Kesehatan Calkada

Ia juga mengaku, kegiatan ini bertujuan untuk mendudukan satu kesepahaman bersama media massa dalam mengawasi tahapan pilkada di Kota Ambon dan Maluku secara umum, sehingga nantinya pengawasan ini akan menghasilkan pemimpin yang amanah, adil, jujur dan yang bisa melihat kesejahteraan warga di kota ini,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap, media massa bisa menjadi mitra kerja yang baik dalam mengawasi tahapan pilkada serentak tahun 2024.

“Yang paling penting dalam pengawasan ini adalah koordinasi. Kami berharap antara Bawaslu dan media bisa menjadi kawan yang sejalan untuk menciptakan pilkada yang demokratis, adil dan jujur dengan menghasilkan pemimpin yang amanah,” tandasnya.(S-25)